Puluhan Warga Unjuk Rasa Dukung Pelaksanaan PON

id puluhan warga, unjuk rasa, dukung pelaksanaan pon

Puluhan Warga Unjuk Rasa Dukung Pelaksanaan PON

Pekanbaru, (antarariau) - Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Melayu Riau Bermarwah (Ammarah) menggelar aksi turun ke jalan mendukung pelaksanaan pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau serta mengajak masyarakat turut menyukseskannya.

Koordinator Lapangan Ammarah, Wira Arya Permadi di sela aksinya, Selasa, di Pekanbaru mengatakan PON yang merupakan multi event nasional empat tahunan harus tetap dilaksanakan sesuai jadual dan tetap di Riau guna memperkuat rasa persatuan bangsa Indonesia.

"PON juga merupakan tolak ukur pencapaian prestasi olahraga nasional yang menjadi kebanggaan kita bersama," katanya.

Yang sangat disayangkan, demikian Wira, pihaknya mendapat informasi terkait rencana pengunduran pelaksanaan PON di Riau, dari jadual semula yakni tanggak 9 September menjadi tanggal 11 September 2012.

Hal demikian menurutnya, terjadi karena fasilitas PON banyak yang belum terselesaikan secara matang serta berbagai persoalan lainnya.

"Dengan kondisi demikian, pemerintah di darah butuh dukungan berbagai kalangan agar tetap bersemangat dalam penyelenggaraan PON," katanya.

Berbagi persoalan termasuk kasus dugaan suap atas berbagai proyek PON Riau yang selama ini mencuat ke permukaan media, kata dia, secara tidak langsung juga telah melukai hati masyarakat.

Namun bukan berarti, kata dia, pelaksanaan PON di Riau menjadi gagal mengingat hal ini merupakan ajang promosi daerah.

"Jadi sangat disayangkan kalau masyarakat justru tidak mendukung pelaksanaan PON di Riau," katanya.

Krisis kepercayaan atau legistimasi masyarakat terhadap pemerintah daerah dengan berbagai masalah yang saat ini dihadapi sejumlah pejabat pemerintahan, sebaiknya kata dia juga jangan menciutkan rasa semangat nasionalisme.

Untuk itu, kata dia, Ammarah melakukan aksi turun ke jalan untuk menyemangati masyarakat guna mendukung pelaksanaan PON di Riau.

"Yang perlu diingat adalah, pelaksaan PON di Riau merupakan kebanggaan kita bersama. Dan jika gagal, maka akan menjadi aib yang bisa mempermalukan daerah," katanya.

Aksi turun ke jalan yang dilakukan massa Ammarah mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian sehingga berjalan aman tanpa kericuhan.