Hadapi Ramadhan, Polres Rohul laksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning

id Polres rohul, rokan hulu, polres rokan hulu

Hadapi Ramadhan, Polres Rohul laksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning

Sejumlah personel Polres Rohul mengikuti apel gelar pasukan, Senin. (ANTARA/HO-Polres Rohul)

Pasir Pengaraian (ANTARA) - Kapolres Rokan Hulu (Rohul) menyampaikan sejumlah target strategis dalam giat Operasi Keselamatan Lancang Kuning tahun 2021 yang diselenggarakan selama 14 hari ke depan mulai hari ini, Senin.

“Target operasi ini adalah benda, manusia, dan tempat lokasi yang difokuskan pada rest area, pengemudi ranmor yang tidak melaksanakan prokes, masyarakat yang tidak prokes, serta yang berkerumun di lokasi tertentu”, kata Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, saat bertindak sebagai irup apel gelar pasukan operasi keselamatan lancang kuning, di lapangan Mapolres Rohul, Senin.

Kegiatan operasi Keselamatan Lancang Kuning tahun ini mengangkat tema Melalui Operasi Keselamatan 2021 Kita Wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan, serta tidak melaksanakan mudik lebaran.

Kapolres memaparkan, operasi Keselamatan Lancang Kuning merupakan operasi terpusat yang serentak dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI mulai tanggal 12 April - 25 April 2021. Untuk Polda Riau sandi operasi yakni "Keselamatan Lancang Kuning 2021".

Operasi tersebut akan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai dengan Gakkum secara selektif dan prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) dan juga tertib berlalulintas sesuai amanat UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kemudian, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban lakalantas, membangun budaya tertib berlalulintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kapolres Rohul menambahkan, operasi itu juga bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat tentang prokes tertib berlalulintas dan menurunkan angka lakalantas serta pemahaman masyarakat tentang larangan mudik pada lebaran tahun 2021 ini.

“Kita berharap operasi ini dapat mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Rohul”, ujar AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, didampingi Perwira apel Kasat Lantas AKP Bagus Priyambodo dan Komandan apel Kanit Regiden Sat Lantas Iptu Effendi Lupino.