Puluhan titik di lintas Rengat rusak akibat truk muatan tinggi

id Puluhan titik badan jalan lintas kuansing - rengat rusak akibat truk muatan tinggi,jalan inhu rusak, jalan inhu

Puluhan titik di lintas Rengat rusak akibat truk muatan tinggi

Suasana rapat di Kantor Bupati Inhu, Senin. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat (ANTARA) - Puluhan titik badan jalan di lintas Kuansing - Rengat, Indragiri Hulu rusak, hingga mengakibatkan seringnya terjadi kemacetan panjang dan lakalantassehingga hal itu dicarikan solusinua.

Hal itu terungkap dalam rapat bersama di Ruang Narasinga kantor Bupati Inhu, Senin.

Kerusakan parah akibat sejumlah truk milik perusahaan yang melewati bertonase tinggi, terutama di dua kecamatan yakni Peranap dan Kelayang.

"Pertemuan berjalan lancar dalam rangka mencari solusi, pemilik truk operasional perusahaan akan di timbang," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hulu, Hendrizal saat memimpin rapat.

Hendrizal berharap semua pihak menunjukkan kepedulian, menjaga lingkungan, sehingga kerusakan jalan dapat diminimalisir sehingga masyarakat sepanjang jalan lintas, terutama di Peranap - Simpang IFA juga merasa aman dan nyaman.

Puluhan perusahaan yang beroperasi di dua kecamatan itu, harus peduli lingkungan, melalui rapat bersama, sejumlah perusahaan diundang di antaranya PT Rigunas Agri Utama, PT Indriplane, PT BBSI, PT Citra dan PT Samanta, PT Bukit Asam, PT Mitra Agung Sejahtera, serta PT PIR, PT SRK.

Rapat juga dihadiri oleh pihak Provinsi Riau yaitu Bappeda,Dinas Perhubungan, Dinas PUPR.

Pada kesempatan itu, Ketua Organisasi Forum Perusahaan, Asri mengatakan, selama ini perhatian perusahaan terhadap jalan sudah ada, namun diakui belum optimal.

"Karena, saat diperbaiki beberapa titik, ternyata di tempat lain, badan jalan kembali rusak," ujarnya.

Kerusakan badan dan bahu jalan lebar dan besar beragam, jika dihadapi bersama maka ke depan jalan lintas akan semakin baik. Namun demikian, pemerintah perlu melakukan kebijakan yang berkeadilan antara perusahaan kayu, batu bara, sawit.

Sedangkan, Ketua Forum Komunikasi Lintas Perusahan (FKLP) Peranap, Yayan menambahkan, perhatian dan kepedulian pihak perusahaan selalu ada, sebanyak 12 perusahaan yang menjadi anggota selama ini memberikan kontribusi dalam berbagai bentuk sebagai rasa kepedulian.

"Karena kerusakan ada beberapa titik, tentu semua butuh tahapan.Pada intinya, semua perusahaan akan siap bekerja sama, melalui FKLP akan berkontribusi maksimal," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Inhu harap peran aktif media sampaikan informasi ke masyarakat

Baca juga: Tidak dilaksanakan tarawih di masjid berzona merah di Inhu


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar