KPU Kampar sosialisasi pemutakhiran data pemilih ke sekolah

id Kpu kampar, pilkada kampar, pemilu 2024

KPU Kampar sosialisasi pemutakhiran data pemilih ke sekolah

Sosialisasi oleh KPU Kabupaten Kampar. (ANTARA/Netty M)

Bangkinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar melakukan sosialisasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ke sekolah-sekokah khusus kelas 12 mulai Selasa 23 Maret lalu.

"KPU Kabupaten Kampar memulai kegiatan sosialisasi Data Pemilih Berkelanjutan segmen Pemilih Pemula dengan kegiatan KPU Goes to School dengan mengunjungi siswa SMA/SMK sederajat di tiga kecamatan yakni Bangkinang Kota, Salo dan Bangkinang," kata Ketua KPU, Maria Aribeni Kamis (24/2/2021).

Dia mengajak masyarakat untuk menesukseskan kegiatan itu mengingatKPU kabupaten/kota yang tidak melaksanakan pilkada melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan sasaran pemilih yang tidak memenuhi syarat dan sudah memenuhi syarat.

Pemilih pemula antara lain sudah berumur 17 tahun dan berusia di bawah 17 tahun tapi sudah menikah, warga yang belum masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pemilu tahun 2019 termasuk yang meninggal dunia, anggota TNI/Polri atau sudah pensiun untuk merubah statusnya.

"Ini dilakukan setiap tahun, pada 2019 jumlah pemilih terdata sebanyak 475.435 dan untuk saat ini berdasarkan surat dinas KPU RI No.132 tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilakukan hingga Desember 2021," jelasnya.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa data dapat diperoleh secara online dan offline melalui tanggapan dengan mengisikan form tanggapan masyarakat dan sosialisasi juga dilakukan melalui media sosial.

Secara teknis, sosialisasi dilakukan kepada siswa langsung juga melalui pihak sekolah oleh tim yang turun bersama Ketua Divisi Program dan Data KPUKampar Andi Putra, dan komisioner lainnya Muhibuddin Akhmad, Sardalis dan Ahmad Dahlan.

Baca juga: KPU Riau pastikan PSU di Inhu dan Rohul sesuai putusan MK

Baca juga: KPU Riau : Aplikasi Sirekap butuh perbaikan IT