Siap-siap anak daerah yang minat jadi dokter, Pemkab Meranti bakal siapkan beasiswa ke UGM dan UNRI

id unri, dinkes meranti,meranti

Siap-siap anak daerah yang minat jadi dokter, Pemkab Meranti bakal siapkan beasiswa ke UGM dan UNRI

Kepala Diskes Kepulauan Meranti, dr Misri Hasanto saat berkunjung ke Fakultas Kedokteran UNRI untuk menjalin kerjasama dalam mewujudkan peningkatan kualitas SDM dokter dan layanan kesehatan, Selasa (23/3/2021). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Kepulauan Meranti (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bakal menyiapkan beasiswa kuliah ke Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Riau (UNRI), bagi anak daerah yang berminat menjadi dokter.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti, dr Misri Hasanto, Selasa.

Katanya, pemberian beasiswa Sarjana S1, S2, dan setingkat ke atas untuk anak daerah sebagai bentuk komitmen dari Bupati Kepulauan Meranti dalam meningkatkan kualitas SDM dokter dan layanan kesehatan.

Untuk itu, ia berharap program ini dapat tersosialisasi lebih luas untuk memberikan kesempatan kepada anak daerah. Sehingga anak-anak di Meranti nantinya dapat berkuliah di Fakultas Kedokteran UNRI dan Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

"Dengan program ini, nantinya dapat dimanfaatkan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang bercita-cita ingin menjadi dokter lewat jalur beasiswa ini," ujarnya.

Baca juga: Diskes Meranti minta perbankan dan hotel tak longgarkan prokes

Untuk mewujudkan itu, Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti sudah menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Riau (UNRI).

"Kita telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi UGM dan UNRI. Ini upaya kita untuk meningkatkan kualitas SDM dan pelayanan kesehatan dalam mewujudkan tujuh program strategis Bupati dan Wakil Bupati," kata Misri Hasanto, saat berkunjung ke UNRI.

Ia menjelaskan, dengan menjalin sinergitas antara Pemkab Meranti dengan Fakultas Kedokteran UNRI, agar anak-anak di Meranti yang berprestasi dapat kuliah di universitas terbaik di Riau itu melalui program beasiswa Kedokteran.

"Dekan Fakultas Kedokteran UNRI, yang diwakili Wakil Dekan I Dr Yulis Hamidi sangat mengapresiasi dan menyambut baik jalinan kerjasama ini. Dengan begitu, saya berharap ke depan anak-anak daerah (Meranti) dapat kuliah di Fakultas Kedokteran UNRI, karena kita telah menyiapkan konsep dan draft MoU nya," tambahnya.

Kemudian selain di UNRI, Diskes Kepulauan Meranti juga memperluas jaringan kerjasama dengan menjalin komunikasi bersama pihak Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

Dikatakan Misri, pihaknya telah mengirim surat ke Fakultas Kedokteran Gigi UGM Yogjakarta.

"Kita sudah kirim surat ke UGM. Bekerjasama dengan UGM, kita akan memaksimalkan kebutuhan dokter gigi di setiap UPT Puskesmas dan harapan kita nantinya dapat diisi oleh putra-putri terbaik Meranti," ujarnya.

Baca juga: COVID-19 muncul lagi, Bupati Kepulauan Meranti minta pasien tak diisolasi mandiri

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Meranti kembali meningkat