426 ASN Pemkab Inhu terima vaksin tahap II

id 426 Asn Pemkab Inhu terima vaksin tahap II,pemkab inhu, vaksin inhu

426 ASN Pemkab Inhu terima vaksin tahap II

Proses vaksinasi terhadap ASN Pemkab Inhu, Selasa (23/3).

Rengat (ANTARA) - Sebanyak 426 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah KabupatenIndragiri Hulu menerima suntikan vaksin COVID-19 tahap II diAula Kantor Bappeda, Aula Thamsir Rahman, dan Aula Yopi Arianto,Selasa.

Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hulu Elis Julinarti menjelaskan, ASN tersebut merupakan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Inhu yang divaksin berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing - masing.

Adapun vaksinator pada kegiatan vaksinasi ini berasal dari beberapa Puskesmas di Indragiri Hulu, antara lain dariPuskesmas Pangkalan Kasai, Puskesmas Sei Lala, Puskesmas Air Molek, Puskesmas Batang Gansal, Puskesmas Polak Pisang, dan Puskesmas lirik.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu Jawalter yang ikut menerima vaksin COVID-19 tahap II menyebutkan, vaksinasi tahap I yang telah diterima 14 hari yang lalu berjalan lancar, tidak terdapat perbedaan signifikan pada prosedur vaksinisasi tahap II yang baru dilalui.

“Pada vaksinasi tahap pertama kita melakukan pendaftaran dengan menunjukkan KTP, namun pada vaksinasi tahap II hanya menunjukkan kartu vaksin tahap I yang sudah diterima," ujarnya.

Selanjutnya, penerima mengikuti skrining kesehatan dan wawancara petugas untuk melihat kondisi tubuh dan kesehatan penerima vaksin. Setelah menerima vaksin tahap II, dirinya diminta beristirahat sambil melihat adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Proses berikutnya, sebelum meninggalkan ruangan, setiap penerima vaksin akan diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah menerima vaksin tahap II.

Disinggung mengenai adanya efek yang dirasakan setelah menerima vaksin tahap I, 14 hari yang lalu, Jawalter mengatakan, dirinya tidak merasakan efek yang berarti baik pada tubuh maupun kondisi kesehatan setelah disuntikkan vaksin COVID-19.

"Beberapa jam setelah menerima vaksin tahap I, saya merasakan ngantuk dan rasa lapar, namun di hari berikutnya tidur menjadi lebih baik dan teratur, begitu juga dengan selera makan menjadi lebih baik," terangnya.

Untuk itu, Jawalter menghimbau kepada Masyarakat untuk mengikuti vaksin yang akan diberikan oleh Pemerintah. Dengan vaksin yang diterima akan membantu memberikan kekebalan bagi tubuh menghadapi virus COVID-19.

Selain itu, Ia juga berpesan kepada ASN maupun masyarakat yang telah menerima vaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun setelah melaksanakan aktifitas.

Baca juga: 4.080 vaksin COVID-19 tiba di Inhu