Pakar: Pendidikan Karakter Dapat Diciplak Orang Tua

id , pakar pendidikan, karakter dapat, diciplak orang tua

Pekanbaru, 30/4 (AntaraRiau) - Pendidikan karakter anak bangsa yang bermoral, beriman dan bertaqwa dapat diciplak oleh para orang tua, kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Perwakilan Riau, Dr. Hj Maimanah Umar.

"Pendidikan karakter anak bangsa sangatlah penting guna meningkatkan mutu dan kualitas bangsa ini di masa depan," kata Maimanah dalam pidatonya sebagai narasumber di acara Seminar Nasional Membangun Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter di Aula Kantor Walikota Pekanbaru, Riau, Senin.

Maimanah yang juga seorang akademisi itu menjelaskan, peran orang tua di rumah merupakan yang utama dalam menentukan karakter anak bangsa yang berkualitas dan bermutu baik.

Untuk itu, demikian Maimanah, selayaknya orang tua memberikan perhatian yang cukup dan berlebih terhadap anak agar mental mereka (para penerus bangsa) dapat lebih kuat ketika berhadapan dengan lingkungannya.

Selain orang tua, katanya, pembentukan karakter juga dapat dilakukan oleh para pembimbing di sekolah yang diharapkan mempu memberikan pendidikan yang sempurna dan mudah dicerna sesuai tingkat pendidikannya.

"Jika anak bangsa itu masih berpendidikan setingkat Sekolah Dasar (SD), maka sebaiknya tingkat pengajaran yang disajikan juga harus setara, jangan sampai melenceng dari norma dan agama," katanya.

Maimanah menjelaskan, dengan demikian, maka pembentukan karakter sejak dini akan dapat lebih sempurna hingga sang penerus bangsa itu dapat memiliki tingkat kualitas moral yang memadai untuk menggenerasi.

Selain lingkungan keluarga dan sekolah, menurut dia, pembentukan karakter juga dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan sang anak.

"Jika lingkungan pergaulan itu 'amis', maka turut 'amis' pula lah anak itu. Oleh karena itu, sebaiknya lingkungan pergaulan anak juga diperhatikan," katanya.

Untuk menghindari pergaulan yang salah, demikian Maimanah, maka sebaiknya para penerus bangsa disegarkan rohaninya secara rutin, baik di lingkup keluarga di rumah, maupun di lingkup pendidikan formalnya.

"Intinyanya adalah, semuanya harus berjalan serentak dan bersinergi. Baik itu lingkungan keluarga, sekolah hingga lingkungan pergaulannya," kata Maimanah.

Seminar Nasional Membangun Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter di Aula Kantor Wali Kota Pekanbaru dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Masmur Daerah Riau (YMDR) ke 30 tahun itu, dihadiri lebih dari 500 para guru dan mahasiswa. Dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan masih berlanjut hingga sore hari.