TNI AL kirim KRI CUT Nyak Dien-375 dalam kerjasama bilateral Patkor Indindo 36/20

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,pulau Rondo

TNI AL kirim KRI CUT Nyak Dien-375 dalam kerjasama bilateral Patkor Indindo 36/20

KRI CUT Nyak Dien-375 ditugaskan dalam hubungan kerjasama bilateral antara Angkatan Laut India untuk melakukan Patroli Terkoordinasi India-Indonesia (Patkor Indindo-36/20) di Perairan perbatasan Indonesia-India, ProvinsiAceh, Jumat (18/12) ( (ANTARA/HO)

Lhokseumawe (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (AL) mengirimkan KRI CUT Nyak Dien-375 dalam kerjasama bilateral antara Angkatan Laut India untuk melakukan Patroli Terkoordinasi India-Indonesia (Patkor Indindo-36/20) di Perairan perbatasan Indonesia-India, ProvinsiAceh, Jumat (18/12).

Pulau Rondo yang merupakan pulau terluar Indonesia terletak di laut Andaman dan berbatasan dengan wilayah negara India, yaitu Kepulauan Nikobar. Pulau tersebut merupakan wilayah paling barat dari Republik Indonesia dan secara administratif merupakan bagian dari wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Baca juga: TNI AL tangkap kapal Vietnam lakukan ilegal fishing di laut Natuna Utara

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid K SE MM mengatakan kegiatan Patkor Malindo 36/20 dilaksanakan selama 30 hari dan selain melaksanakan patrol di perairannya masing-masing juga melaksanakan latihan yang berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 17-18 Desember 2020.

"Patkor Indindo 36/20 ini TNI AL menugaskankan KRI CUT Nyak Dien-375 sedangkan Angkatan Laut India menugaskan INS Kulish P-63. Selama dua hari ini kedua kapal ini melaksanakan kegiatan Rendezvous (RV) dan latihan bersama sekaligus patroli laut untuk pengamanan di wilayah masing-masing,"Kata Pangkoarmada I.

"Kegiatan ini merupakan implementasi kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, guna menciptakan situasi kondusif di wilayah perbatasan dan memelihara stabilitas di kawasan melalui diplomasi angkatan laut,"kata Rasyid.

Menurutnya, kegiatan Patkor Indindo-36/20 dilaksanakan sebagai salah satu komitmen Indonesia, khususnya TNI AL dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara antara Indonesia dan India.

"Kerja sama itu juga merupakan wujud dari peran TNI AL yaitu sebagai peran diplomasi,"katanya.

Sementara itu, Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan ST mengatakan KRI CUT Nyak Dien-375 yang dikomandani Letkol Laut (P) Krido Satrio saat ini berada di Bawah Kendali Operasi (BKO) Guskamla Koarmada I.

"Hari ini tanggal 18 Desember 2020 bersama Kapal India INS Kulish P-63 telah selesai melaksanakan RV dan melaksanakan beberapa serial latihan didalam rangkaian patroli terkoordinasi,"kata Yayan.

Materi latihan yang dilaksanakan antara lain Comcheck, Surfex 981 (Merchant Traffic Monitoring Exercise), Miscex 830 (Basic Manoeuvring Exercise) dan Surfex 982 (Basic interdiction and self boarding exercise).

Pada hari kedua latihan dilanjutkan dengan serial latihan Miscex 804 (Search and Rescue), Plot sharing dengan India MPA P-81 Neptune, Surfex 982 (Basic interdiction and self Boarding Exercise) dan Steam Past (peran parade/penghormatan antar kapal) dilanjutkan dengan melaksanakan Patroli Sektor di wilayah negara masing-masing.

Baca juga: Lanal Dumai gagalkan penyelundupan sabu 10,7 kg asal Malaysia

Baca juga: TNI AL luncurkan dan beri nama Kapal PC 40 M produksi dalam negeri


Pewarta : Dedy Syahputra