Anggota DPRD Pekanbaru minta Dishubkominfo atasi parkir

id anggota dprd, pekanbaru minta, dishubkominfo atasi parkir

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Anggota DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono meminta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) langsung ke lapangan mengatur perparkiran yang masih semrawut di daerah tersebut.

"Tata kelola parkir harus ditangani secara serius. Dinas Perhubungan hendaknya langsung turun ke lapangan, karena kalau kesemrawutan dibiarkan, masalah ini akan semakin parah dan berdampak sekali bagi pengguna jalan," katanya di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Sigit, ada beberapa titik kemacetan di Pekanbaru akibat pengelolaan parkir yang tidak bagus, di antaranya pasar-pasar jongkok yang berada dipinggir jalan, seperti Pasar Pagi Arengka, Pasar pagi Panam dan Pasar Kodim.

Hal ini menurut dia terjadi akibat kurangnya pengelolaan pasar maupun lokasi parkir yang dirancang sebelumnya.

"Akhirnya pasar tersebut selalu menyebabkan kemacetan jalan, ditambah lagi masih adanya pedagang yang menggunakan trotoar untuk berjualan," kata Sigit.

Selain itu Ia menambahkan banyaknya lahan parkir di Pekanbaru yang masih menggunakan badan jalan sehingga mengakibatkan badan jalan semakin menyempit dan berujung kemacetan.

Hal tersebut sangat banyak dijumpai di jalan-jalan besar di daerah tersebut seperti Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani.

"Kasihan kan pengguna jalan kita terganggu akibat badan jalan dijadikan sebagai lokasi parkir, kondisi jalan juga semakin semberawut akibat parkir sembarangan itu," kata Sigit.

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru ini, meminta dengan tegas agar pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi harus kembali menata ruang jalan bagi pengendara diwilayah tersebut sebelum masalah ini semakin meluas.

"Untuk itu Dishub Kominfo harus bertindak tegas, agar hal ini tidak menyulitkan masyarakat nantinya. Jangan hanya bisanya memberikan arahan dari kantor tapi harus turun langsung ke lapangan," tegas Sigit Yuwono.

Ia juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk sadar dan bisa disiplin dalam memarkir kendaraan.