Ahmad Sahroni sarankan para pemenang Pilkada rayakan kemenangan via daring

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, pilkada

Ahmad Sahroni sarankan para pemenang Pilkada rayakan kemenangan via daring

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyarankan di tengah masa pandemik COVID-19, seluruh pasangan calon menahan diri dan apabila ingin merayakan kemenangan hasil hitung cepat maka lebih baik dilakukan secara daring saja.

"Kondisi COVID-19 di Indonesia masih tinggi, jadi tidak perlu adanya pesta yang mengumpulkan orang banyak sehingga yang menang rayakan via daring saja," kata Sahroni di Jakarta, Kamis.

Baca juga: DPR apresiasi keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020

Menurut dia, seluruh paslon harus menahan diri dengan tidak mengadakan perayaan hasil hitung cepat, karena boleh saja bergembira dengan hasil sementara tersebut, namun tidak dengan mendatangkan banyak orang dan menimbulkan kerumunan.

Dia juga mengingatkan pasca-pelaksanaan Pilkada 2020, semua pihak tetap menjaga keamanan dan kondusifitas di masyarakat menyusul keluarnya hasil hitung cepat karena masih menyebar pandemik COVID-19 di Tanah Air.

Selain itu Sahroni menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang telah sukses mengamankan berjalan-nya Pilkada Serentak 2020 karena menggelar Pilkada di tengah pandemik tentu memiliki tantangan tersendiri bagi Kepolisian.

"Apresiasi setinggi-tingginya terhadap Kapolri Idham Azis yang telah sukses mengawasi dan mengamankan berjalan-nya Pilkada 2020 mulai dari tahapan awal, kampanye, hingga pencoblosan yang dilaksanakan kemarin. Pilkada di tengah pandemik pastinya banyak tantangan, namun Kepolisian berhasil menjalankan tugasnya dengan baik," ujarnya.

Dia juga meminta Kepolisian untuk tetap mengawal proses pasca-pelaksanaan Pilkada demi menghindari terjadinya kerusuhan antar simpatisan dan pendukung paslon yaitu setelah keluarnya hasil hitung cepat.

Politisi Partai NasDem itu meminta Polri untuk tetap mengawal proses Pilkada hingga penghitungan surat suara selesai, mencegah munculnya kerusuhan atau keributan dari simpatisan paslon.

Baca juga: Evaluasi kegiatan, Anggota DPR ini kumpulkan lima satker KemenPUPR di Riau

Baca juga: DPR ajak seluruh elemen masyarakat untuk kawal pelaksanaan Pilkada 2020


Pewarta: Imam Budilaksono