Pemkot Pekanbaru berkolaborasi dengan Pegadaian tingkatkan ekonomi masyarakat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Pemkot Pekanbaru berkolaborasi dengan Pegadaian tingkatkan ekonomi masyarakat

Pemkot Pekanbaru berkolaborasi dengan Pegadaian dorong peningkatan ekonomi masyarakat dimasa pandemi COVID-19 (ANTARA/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemkot Pekanbaru dan PT Pegadaian (Persero)Kanwil II Pekanbaruberkolaborasi meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan UMKM di masa COVID-19 memasuki prilaku hidup baru.

"Memasuki prilaku hidup baru itu, sudah diterbitkan Perwakonya, artinya masyarakat silahkan beraktivitas ekonomi, apakah berdagang, bertani ke kantor, usaha-usaha kuliner dan lainnya akan tetapi harus tetap disiplin menerap 4 M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan gunakan sabun, menjaga jarak fisik aman, serta menghindari kerumunan," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadidi Pekanbaru, Selasa.

Kolaborasi itu terungkap dalam acara ngobrol bareng inspirasi "Ngopi" Wakil Wali Kota bersama media, digelar PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru, dengan topik diskusi "Peningkatan ekonomi masyarakat Pekanbaru pascapandemi COVID-19, dalam masa adaptasi kebiasaan baru bersama Wakil Wali Kota Pekanbaru dan Pemimpin Wilayah II PT Pegadaian (Persero).

Dia mengatakan, saat jumpa dengan warganya, dirinya sering mengobrol dengan usaha mikro kecil menengah ini, dan menampung keluhan mereka seputar persoalan modal, pemasaran dan kemasan produk.

"Untuk permodalan, saat ini ada yang ditanggulangi oleh Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) pada 58 kelurahan, namun daftar antrian cukup panjang. Tercatat kini total jumlah UKM dan koperasi di Pekanbaru 1.365, yang terdiri atas UKM Mikro sebanyak 10.783, UKM kecil 2.718, dan UKM menengah 151 unit,"katanya.

Solusinya, katanya tentunya diharapkan adanya dukungan permodalan BUMN di antaranya dari Pegadaian yang juga bakal akan membantu pengembangan manfaat Rumah Kemasan Kota Pekanbaru melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR)nya.

Pemkot Pekanbaru menyambut gembira, terkait tawaran Deputy Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru Area Pekanbaru, dengan memanfaatkan dana CSRnya bagaimana mengembangkan keberadaan Rumah Kemasan Produk milik Pemkot Pekanbaru, bersinergi dalam membuat branding produk-produk UKM.

"Ketika produk-produk UKM sudah memiliki branding, diyakini produk tersebut akan menarik minat konsumen dan otomatis meningkatkan daya saing pemilik produk itu," katanya.

Menurut Deputy Operasional PT. Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru, Moh. Ihsan Palaloi menyebutkan, Kanwil memiliki tanggungjawab mendukung dana sedangkan berbagai program yang bakal dikembangkan itu akan dikelola langsung oleh Deputy Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru, untuk Area Pekanbaru.

Kanwil II memiliki kewenangan untuk Provinsi Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau disamping tetap mendorong kemandirian nasabah dalam mengembangkan kemampuan investasinya. Misalnya investasi logam mulia itu sudah mencapai 85 persen kendati masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Karena itu, kegiatan ghatering dengan media ini digelar serentak di 12 Kanwil Pegadaian, khususnya mengedukasi masyarakat menggerakkan sektor riil, dengan harapan bisa mendorong kemandirian masyarakat untuk bisa bertahan dalam kondisi ekonomi sesulit apapun," katanya.