Sandiaga Uno berdialog dengan sejumlah nelayan di sentra ikan asin terbesar RI

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara,Sandiaga Uno

Sandiaga Uno berdialog dengan sejumlah nelayan di sentra ikan asin terbesar RI

Sandiaga Uno kunjungi kampung nelayan Tanjung Binga Belitung. (ANTARA/Kasmono/am.)

Belitung,Babel (ANTARA) - Politikus Partai Gerindra sekaligus tokoh pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi kampung nelayan Desa Tanjung Binga, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan berinteraksi dengan para nelayan di desa itu.

"Saya ingin mengetahui bagaimana dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor perikanan dan juga kondisi nelayan," kata Sandiaga Uno di Sijuk, Belitung, Sabtu pagi.

Dalam kunjungan tersebut Sandiaga Uno berbincang dengan sejumlah nelayan di Desa Tanjung Binga yang merupakan sentra ikan asin terbesar di Indonesia.

"Memang dampak pandemi C0VID-19 penjualan ikan turun, jadi kondisi ini harus segera dipulihkan. Saya memang memiliki beberapa ide cemerlang agar nelayan tetap diberdayakan terutama generasi muda, sehingga mereka tidak meninggalkan usaha kelautan dan perikanan," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan potensi sektor kelautan dan perikanan di Desa Tanjung Binga sangat besar sehingga pemulihan ekonomi masyarakat nelayan semestinya harus dilakukan dengan secepat mungkin.

"Kita harus cepat merealisasikan segala bentuk kolaborasi baik bantuan pemerintah maupun juga kolaborasi dengan dunia usaha," katanya.

Selain itu, kata Sandiaga, Desa Tanjung Binga juga membutuhkan investor untuk masuk dan mengembangkan potensi wilayah itu sehingga produk usaha kelautan dan perikanan yang dihasilkan bisa menembus pasar global.

Rencana pengembangan yang dapat dilakukan ke depannya, kata dia, harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat nelayan seperti pembangunan cold storage atau lemari pendingin ikan dan Unit Pengolahan Ikan (UPI).

"Potensinya sangat besar saya lihat tadi produk-produk juga sudah dipasarkan di Jakarta dan usaha-usaha mikro yang seperti ini jika dibina dengan baik akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga.

Pewarta: Kasmono