Penumpang pesawat di Pekanbaru meningkat saat libur panjang

id bandara pekanbaru, SSK II,cuti bersama, liburan panjang

Penumpang pesawat di Pekanbaru meningkat saat libur panjang

Seorang petugas berada di area Bandara Sultan Syarif Kasim II yang terlihat sepi di Pekanbaru, Riau. (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara SultanSyarifKasim (SSK) II di Kota Pekanbaru, Riau, yang akan bepergian saat libur panjang kali ini meningkat dibanding pada hari-hari biasa.

"Aktivitas bepergian orang dengan transportasi udara dari Bandara SSK II Pekanbaru memang ada peningkatan jika dibandingkan hari-hari biasanya," kata General Manager Angkasa Pura II Yogi Prasetyo melalui keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Dia merincikan, selama pandemi COVID-19 rata-rata aktivitas penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui jalur udara di bandara ini sekitar 2.500 orang per hari.

"Saat ini mengalami peningkatan menjadi 3.000 per hari, saat cuti bersama atau libur panjang pada akhir Oktober 2020 kali ini," katanya.

Yogi menjelaskan, sebagai upaya pencegahan COVID-19 dan menciptakan penerbangan yang sehat, Bandara SSK II melalui PT Angkasa Pura II memastikan bahwa protokol kesehatan tetap menjadi prioritas utama, terutama saat penumpang atau pengunjung berada di lingkungan bandara dan pesawat.

"Mereka dipastikan menjalankan protokol kesehatan melalui konsep biosecurity management seperti jaga jarak, skrining kesehatan, pemrosesan tanpa menyentuh penumpang, perlindungan warga dan kebersihan fasilitas bandara," paparnya.

Selain itu, ada proses biosafety management dalam bentuk kewaspadaan secara biohazard, pemeriksaan lingkungan, sterilisasi infrastruktur dan jaminan kesehatan masyarakat.

Dia berharap para calon penumpang pesawat agar selalu patuh pada protokol kesehatan demi keselamatan bersama dan kelancaran dalam melakukan perjalanan.

Yogi juga mengatakan, pihaknya juga sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan kondisi darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan segera.