Waspadai corona, pebisnis katering di Dumai terapkan prokes

id Bisnis katering Dumai, COVID-19 Dumai, ubahlaku

Waspadai corona, pebisnis katering di Dumai terapkan prokes

Pengusaha katering di Kota Dumai sedang menjalankan usahanya di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Seorang pelaku bisnis katering di Kota Dumai Ayu Wahyuni tidak menjadikan virus corona sebagai penghambat dalam aktivitas sehari-hari karena terus konsisten menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan benar.

Pemilik Ayu Katering ini menyebut bahwa pandemi COVID-19 akhirnya membuat semua orang harus membiasakan diri berperilaku dengan hidup normal baru sesuai protokol kesehatan dalam menjalankan rutinitas seperti biasa.

"Secara omzet memang ada penurunan, namun COVID-19 ini tidak membuat kita harus khawatir berusaha asal terus menjaga protokol kesehatan dengan benar," kata Ayu saat ditemui Jumat.

Menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dalam bisnis kateringnya, sebut Ayu, dimulai saat berbelanja kebutuhan harian di pasar, proses memasak mengolah makanan dan memberi pelayanan makan kepada konsumen.

Setiap pekerja katering, lanjut ibu dua anak ini, diwajibkan memakai masker yang terbukti oleh penelitian bisa mencegah penularan virus corona, dan menyediakan sarana mencuci tangan dengan sabun cair.

"Semuanya wajib pakai masker karena kami juga harus ikut ketentuan dalam upaya mencegah penularan virus corona ini," sebut Ayu.

Menghadapi pandemi COVID-19 ini, bisnis katering tidak harus melemah, namun terus berjuang agar tetap bisa bertahan dan lebih sabar menghadapi situasi serta membiasakan hidup normal baru.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Dumai Zulkifli AS berharap masyarakat tetap dapat beraktifitas dan melakukan kegiatan perekonomian guna menunjang kesejahteraan, namun tentu saja harus dengan menjalankan protokol kesehatan.

Keberhasilan menekan penyebaran COVID-19 dan menghentikan jumlah kematian bisa dilakukan dengan cara bergotong royong dan aktif dalam melaksanakan 4M, karena pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam menangani COVID-19 jika tidak disiplin menjalankan prokes.

Dalam masa normal baru ini, Tim Yustisi Satgas COVID-19 Dumai terus giatkan operasi yustisi keliling dan razia masker untuk meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di tengah masyarakat.

Pelaksanaan operasi oleh Tim Yustisi Prokes Satgas COVID-19 Dumai ini selain penindakan, juga penyampaian imbauan prokes kepada masyarakat dalam rangka pencegahan dan memutus rantai penularan corona.

Bagi masyarakat terjaring razia prokesdikenakansanksi sosial untuk memberikan efek jera, menjadi contoh serta panutan bagi warga lain agar disiplin menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

Tim Yustisi Prokes COVID-19 Kota Dumai terdiri dari gabungan aparat Satpol PP, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, dan Badan penanggulangan bencana daerah dalam melaksanakan operasi Razia Protokol Kesehatan dalam penegakan P‎erwako Nomor 65 Tahun 2020.