BNPB bantu stok masker, agar warga Dumai tetap disiplin prokes

id COVID-19 Dumai, BPBD Dumai, Masker

BNPB bantu stok masker, agar warga Dumai tetap disiplin prokes

Kalaksa BPBD Dumai Amrizal Anara. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai siapkan stok ribuan masker medis dan kain, sabun batang dan hand sanitizer bagi masyarakat agar kembali memperketat penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Kepala pelaksana BPBD Dumai Amrizal Anara mengatakan, kesiapan stok masker medis, kain, sanitizer dan sabun batang ini merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk meningkatkan lagi kebiasaan prokes COVID-19 di daerah.

"Bantuan dari BNPB ini kita terima dalam dua tahap, akan disalurkan ke masyarakat agar tidak meninggalkan prokes, karena COVID-19 belum hilang," kata Amrizaldi Dumai, Selasa.

Distribusi bantuan diterima BPBD Dumai meliputi masker sebanyak 18.000 lembar yang terdiri 12.000 masker medis dan 6.000 masker kain.

Sedangkan bantuan sabun pencuci tangan sebanyak 3.960 batang dan ditambah 3.960 botol hand sanitizer kemasan 100 mili liter.

"Sasaran penyebaran bantuan ini yaitu masyarakat di tempat keramaian, pelajar sekolah dan mahasiswa, pedagang pasar, tujuan agar bisa disiplin lagi dalam penerapan protokol kesehatan," sebutnya.

Bantuan alat Prokes COVID-19 ini juga bisa diminta oleh organisasi massa dan atau profesi lain dengan cara mengajukan permintaan resmi ke BPBD disertai dokumen pendukung.

Dia berharap masyarakat Dumai tidak mengendorkan prokes karena berdasarkan pantauan di lapangan sudah mulai kendor, dan ini sangat berbahaya.

"‎Dalam beberapa bulan ke belakang ini kasus positif COVID-19 terus menurun hingga nihil, namun penerapan prokes tidak boleh ditinggalkan agar kita semua terhindar," demikian Kalaksa BPBD Dumai Amrizal Anara.