Satgas COVID-19 Dumai imbau warga hendak mudik segera vaksin

id Vaksin Dumai, Satgas COVID-19 Dumai

Satgas COVID-19 Dumai imbau warga hendak mudik segera vaksin

Pelaksanaan vaksin massal di Kota Dumai. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Dumai dr Syaiful mengimbau masyarakat berencana melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H nanti agar segera melengkapi persyaratan vaksinasi primer dan booster.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia membolehkan warga muslim untuk melakukan kegiatan mudik saat lebaran nanti dengan syarat sudah divaksin dosis 1, 2 dan booster agar tidak terkendala di perjalanan.

"Segera vaksin bagi yang akan melakukan perjalanan mudik, karena kita tahu vaksin sudah menjadi syarat untuk bisa bepergian saat lebaran nanti," kata Syaiful, Selasa.

Dikatakan, pencapaian vaksinasi di Kota Dumai secara umum cukup tinggi dan bahkan untuk dosis 1 sudah melebihi target 103,21 persen, dosis 2 sebesar 77,31 persen dan booster 16,63 persen.

Data pelaksanaan program vaksinasi Dumai hingga 17 April 2022 terdiri dari, lansia 71,40 persen untuk dosis 1, kemudian dosis 2 tercapai 45,65 persen dan booster 9,13 persen.

Sedangkan vaksinasi untuk kelompok anak anak usia 6-11 tahun sudah tercapai 67,30 persen dosis 1, dan dosis 2 sebesar 42,32 persen serta booster masih nihil.

Syaiful sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Dumai ini menambahkan bahwa pelayanan vaksin booster hanya bisa diperoleh di fasilitas kesehatan pemerintah seperti Puskesmas dan kegiatan vaksin massal diadakan Satgas COVID-19 bersinergi dengan TNI Polri dan unsur lain.

Informasi tambahan, bagi masyarakat telah disuntik vaksin booster maka tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen sebagai syarat perjalanan mudik dengan moda transportasi umum udara, laut dan darat maupun kendaraan pribadi.

Diketahui juga bahwa pasien positif COVID-19 Kota Dumai tinggal 1 orang dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit, sementara, kasus terkonfirmasi positif dan pasien sembuh tidak bertambah.

Menurut Syaipul, COVID-19 di Dumai sudah mulai terkendali, namun masyarakat diingatkan untuk tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan.

"Meskipun terjadi penurunan kasus yang signifikan, kami ingatkan untuk tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan," sebutnya.

Update COVID-19 Kota Dumai hingga 17 April 2022, kasus sebanyak 11.549 kasus dengan rincian, pasien sembuh 11.267, meninggal 281, dirawat di RS 1 orang. 3