KRI Semarang-594 sandar di Pelabuhan Dumai bawa stok oksigen untuk Riau

id Lanal Dumai, COVID-19 Dumai,KRI Semarang di dumai, RS terapung

KRI Semarang-594 sandar di Pelabuhan Dumai bawa stok oksigen untuk Riau

KRI Semarang sandar di Pelabuhan Dumai bawa stok oksigen untuk penanganan dan perawatan pasien COVID-19. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - KRI Semarang-594 milik TNI Angkatan Laut sandar di Pelabuhan Kota Dumai membawa pasokan oksigen untuk kebutuhan warga terpapar virus corona di Provinsi Riau dalam misi kemanusiaan penanganan COVID-19 sesuai permintaan Gubernur Syamsuar.

Kapal perang dijadikan rumah sakit bantuan penanganan COVID-19 ini mulai sandar di Dermaga TNI AL Dumai di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan sejak Senin (16/8) guna mendukung persediaan oksigen untuk mengantisipasi kelangkaan di daerah.

Kedatangan KRI Semarang-594 dengan Komandan Letkol Laut (P) Afrilian Sukarno Timur langsung disambut Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan diwakili Perwira Pelaksana (Palaksa) Mayor Laut (PM) Anwar Rahman.

"KRI Semarang-594 datang membawa misi kemanusiaan mendukung ketersediaan stok oksigen medis untuk penanganan dan perawatan pasien terpapar COVID-19," kata Anwar Rahman kepada pers, Rabu.

Dijelaskan, KRI Semarang-594 bagian dari unsur Komando Armada I ini difungsikan sebagai kapal rumah sakit dilengkapi generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen secara mandiri sebanyak 75 ribu liter dalam waktu 24 jam.

Kehadiran Kapal Perang RI berjenis Landing Platform Dock LPD kelas bantuan rumah sakit buatan PT PAL Indonesia (Persero) di Dumai ini sesuai permohonan resmi Gubernur Riau Syamsuar, perihal bantuan Kapal Rumah Sakit kepada Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

"Selain mendukung ketersediaan stok oksigen, KRI Semarang-594 juga menjalankan misi serbuan vaksin dan bakti sosial TNI AL, dengan harapan memberi dampak positif dalam penanganan COVID-19 di Riau," sebutnya.

Selanjutnya, KRI Semarang-594 datang ke Riau ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan dan perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar selalu mendukung penuh program pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 di seluruh Indonesia.

Baca juga: KRI Teluk Bintuni antar 185 ton perlengkapan medis bantuan dari Singapura

Baca juga: KRI Kerambit-627 tangkap kapal ikan berbendera Vietnam di laut Natuna Utara