Melihat Istana Rokan yang sudah ada sejak 1901

id istana rokan,istana rokan hulu, wisata rohul, wisata rokan hulu

Melihat Istana Rokan yang sudah ada sejak 1901

Wagubri Edy Nasution ketika mengunjungi Istana Rokan. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Rokan Hulu (ANTARA) - Provinsi Riau memiliki sejarah dengan kebudayaan yang religius masyarakatnya. Itu terlihat dalam beberapa situs peninggalan di masing-masing daerah kabupaten/kota.

Seperti di Kabupaten Rokan Hulu yang ternyata memiliki Istana Rokan yang diketahui bahwa bangunan bersejarah ini didirikan pada tahun 1901. Ituberdasarkan penjelasan dari datuk yang mengetahui sejarah.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) EdyNatar Nasutionpun sempat mengunjungi situs cagar budaya Istana Rokan, Rabu.Wagubri mengakui bahwa sebagai salah satu situs sejarah di Rokan, bangunan ini harus dijaga dan dilestarikan. Dia sendiri juga mengaku baru sekali ini datang ke lokasi bersejarah tersebut

Wagubri mengungkapkan kekagumannya terhadap Istana Rokan. "Hal ini artinya sudah cukup lama. Artinya ini merupakan potensi yang ada di Rohul," ungkap Edy.

Sebenarnya, di Rohul ini memiliki sangat banyak cagar budaya yang berpotensi untuk bisa dikembangkan ke depan. Selain Istana Rokan, Kabupaten Rohul di sini punya potensi.

Ada juga wisata religi seperti Islamic Center seperti wisata sejarah seperti makam Raja Mandailing dan makam Raja Rambah. Selain situs sejarah dan wisata religi, ada juga wisata alam seperti daerah Sungai Garingging, ada air terjun dan juga air panas.

Menurutnya, jika hal ini dikemas menjadi sebuah paket wisata yang menarik maka para wisatawan akan datang ke sini untuk berkunjung, dan membuat ekonomi tumbuh.

"Ini sebenarnya yang perlu kita pikirkan ke depannya apa aja yang perlu dikembangkan, sehingga Rokan Hulu ini semakin lebih dikenal banyak orang," ungkapnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar