Lebaran - Polres Rokan Hulu Siaga Jaga Objek Wisata

id lebaran -, polres rokan, hulu siaga, jaga objek wisata

Pasirpengaraian, Riau, 4/9 (ANTARA) - Polres Rokan Hulu, Provinsi Riau menurunkan enam personelnya di setiap tempat wisata guna menjaga keamanan pengunjung di sejumlah objek yang ramai dikunjungi masyarakat pada musim liburan Idul Fitri 1432 Hijriah/2011 Masehi.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Yudi Kurniawan SIK, M.Si di Pasirpangaraian, Sabtu menjelaskan, nyatakan pihaknya menurunkan sekurangnya enam personelnya di sejumlah objek wisata.

Objek itu di antaranya Danau Cipogas Desa Sialang Jaya, pemandian air panas Hapanasan Desa Rambah Tengah Barat, dan pemandian air panas Pawan Desa Rambah Tengah Hulu, di Kecamatan Rambah.

"Begitu pun, di objk wisata Air Terjun Aek Martua Bangunpurba, kita turunkan enam personel. Kita lihat ekskalasinya, jika banyak pengunjungnya kita turunkan lebih banyak anggota di sana," katanya.

Kapolres menambahkan, untuk penjagaan di objek wisata Rumah Batu Serombo, yang berada di Desa Serombo Indah, Kecamatan Rambahsamo, personelnya ditarik kembali.

Alasannya, objek wisata ini sepi pengunjung Lebaran tahun 2011 ini.

Objek wisata Rumah Batu yang merupakan kampung peninggalan sejarah.

Menurut dongeng masyarakat sekitar, kampung yang dikenal sebagai Desa Tanjung Botong adalah kampung terisolir dari modernisasi zaman teknologi.

Kampung ini dianggap masyarakat sebagai kampung durhaka. Seseorang sakti di kampung ini menyumpah orang sekampung menjadi batu karena tidak mau menjalankan syariat Islam.

"Karena tidak ada aktivitas di sana, maka personel kita tarik kembali. Namun masih kita pantau lokasinya jika sewaktu-waktu ramai. Sementara, untuk objek wisata yang ada di kecamatan lainnya, dipegang Polsek masing-masing," ujarnya.

Ia memperkirakan, puncak keramaian di objek Wisata terjadi, Ahad ini, karena pada Senin (5/9, seluruh pegawai sudah kembali masuk kantor seperti biasanya.

"Namun kita masih terus lakukan pantauan hingga Operasi Ketupat 2011 berakhir pada Kamis (8/9) mendatang, apakah kita masih dibutuhkan," katanya.

Sesuai kalender Kamtibmas Polres Rokan Hulu, tahun 2010 lalu, tidak ditemui kejadian tindakan kejahatan di objek wisata, namun untuk menjaga kenyamanan, polisi perlu diturunkan, katanya.