Dinsos Riau inventarisir ahli waris pasien COVID-19 penerima bantuan duka

id Jenazah covid,covid riau, jenazah corona

Dinsos Riau inventarisir ahli waris pasien COVID-19 penerima bantuan duka

Sejumlah tenaga kesehatan membawa peti berisi jenazah almarhum dokter Jhon Andi Zainal yang meninggal akibat COVID-19, di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (24/9/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau melalui pemerintah kabupaten/kota bakal melakukan inventarisir pasien COVID-19 yang meninggal dunia guna pemberian santunan dari Kementerian Sosial bagi ahli warisnya sebesar Rp15 juta per orang.

"Kami meminta kabupaten/kota di Riau agar dapat menginventarisir pasien COVID-19 yang meninggal dunia dan mengusulkan berkasnya ke Kemenkes," kata Kepala Dinas Sosial Riau, Dahrius Husin di Pekanbaru, Rabu.

Dikatakan Dahrius, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan memberikan bantuan santunan sebesar Rp15 juta bagi pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Provinsi Riau yang meninggal dunia.

"Santunan dari Kemensos untuk pasien COVID-19 yang meninggal dunia itu, disampaikan melalui surat edaran dan sudah kami teruskan ke Dinas Sosial kabupaten/kota se-Riau," kata Dahrius.

Santuan tersebut, terang Dahrius, diberikan kepada ahli waris yang keluarganya meninggal dunia disebabkan terinfeksi COVID-19, dan yang dibuktikan lewat pernyataan rumah sakit, puskesmas atau dinas kesehatan setempat.

"Nilai santunannya itu sebesar Rp15 juta. Nanti yang mengajukan santuanan itu kabupaten/kota ke Dirjen Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Sosial dengan melampirkan persyaratan, seperti surat kematian, surat ahli waris dan lainnya," katanya.

Untuk pembayaran sendiri secara teknis akan dilakukan transfer ke rekening ahli waris.

"Sampai saat ini kami belum dapat laporan berapa yang sudah diusulkan karena data Itu langsung kabupaten/kota yang usulkan dan diterima oleh rekening ahli waris," tukasnya.

Sementara data yang berhasil dirangkum ANTARA dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau hingga Selas (13/10), kasus terkonfirmasi COVID-19 di Riau bertambah 163 orang dengan demikian total menjadi 10.343 orang.

Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Riau bertambah 120 orang, sehingga total 6.343 orang yang sembuh dari virus berbahaya itu.

Kemudian kabar dukanya, di Riau terdapat empat pasien yang meninggal dunia. Dengan begitu masyarakat Riau yang wafat akibat virus Corona hingga kemarin menjadi 229 orang.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar