Pendiri Nikola beli desain asli truk dari desainer Rimac

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, otomotif

Pendiri Nikola beli desain asli truk dari desainer Rimac

Nikola Tre (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Pendiri Nikola, Trevelor Milton, membeli desain asli untuk kendaraan unggulan perusahaannya, yakni Nikola One dari seorang desainer yang bekerja di perusahaan Rimac Automobili.

Nikola One yang menggunakan tenaga hidrogen, diketahui pernah menggugat adanya pelanggaran hak paten untuk sebuah desain, yang diajukan Nikola terhadap Tesla pada tahun 2018 lalu. Yang pertama mengklaim bahwa Semi-elektrik Tesla "secara substansial" mirip dengan desainnya.

Baca juga: Isuzu nilai sektor kesehatan bisa jadi peluang untuk penjualan mobil

Berdasarkan informasi orang-orang sekitar, menyatakan bahwa Milton telah membeli desain tersebut seharga beberapa ribu dolar dari Rimac's Adriano Mudri.

"Truk Nikola One dirancang dan dipatenkan oleh Nikola," kata perusahaan itu dalam pernyataan resmi yang dikutip dari CarsCoops, Selasa.

"Sudah merupakan hal yang lumrah untuk melisensikan desain dari pihak ketiga selama pengembangan kendaraan, meski Nikola membeli lisensi desain Adriano Mudri dan dimana dia bukan bagian dari tim desain dari Nikola," tambah dia.

Sementara itu, Tesla telah membantah melakukan tuduhan pelanggaran hak paten dari desain tersebut dalam pengajuan minggu lalu yang mengklaim bahwa Adriano Mudri adalah desainer asli dari truk konsep bertenaga hidrogen yang dijuluki 'Road Runner' dan Milton mengetahui konsep tersebut sebelum mengajukan aplikasi paten desainnya sendiri.

Menyusul tuduhan klaim palsu tentang teknologi perusahaannya, Milton mengundurkan diri sebagai ketua Nikola minggu lalu, dan Mantan eksekutif GM, Steve Girsky masuk sebagai penggantinya.

Baca juga: Hyundai pamerkan mobil RM20e di Beijing Auto Show 2020

Baca juga: Kia Sonet dibanderol harga mulai Rp134 juta


Pewarta: KR-CHA