Minta segera cari atlet difabel berpotensi, NPC Riau suntik semangat pengurus di Kepulauan Meranti

id NPC, difabel, NPC Riau, kepulauan meranti

Minta segera cari atlet difabel berpotensi, NPC Riau suntik semangat pengurus di Kepulauan Meranti

Pengurus NPC Riau dan Kepulauan Meranti sedang melakukan diskusi, Selasa malam(22/9). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pengurus National Paralympic Committe (NPC) Kepulauan Meranti mendapat suntikan semangat dan tantangan berat dari sang kakak, NPC Provinsi Riau. Mereka berharap Meranti bisa segera mencari atlet difabel yang berpotensi untuk persiapan sejumlah iven besar yang akan diselenggarakan tahun mendatang.

"Kalau bisa secepatnya cari atlet difabel yang memiliki kemampuan dasar berolahraga," tegas Ketua NPC Provinsi Riau Jaya Kusuma di Selatpanjang, Selasa (22/9) malam.

Saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Meranti Riau bersama rombongannya, Jaya Kusuma mengungkapkan ada atlet difabel mumpuni di Meranti yang pernah terdengar olehnya.

Kesempatan ini bisa jadi modal Kepulauan Meranti untuk menyiapkan atlet sebagai persiapan untuk dalam iven nasional Peparnas yang rencananya akan diselenggarakan di Papua pada 2021. Bahkan sampai ke kancah internasional.

"Cari dia (atlet) itu. Minimal Meranti bisa menyumbangkan atlet, paling tidak dua orang. Kita ingin melihat kejayaan Meranti sebagai wadah yang menciptakan atlet difabel berprestasi di Riau. Bahkan nanti kuota atlet di Provinsi kita kurangi untuk kesempatan Meranti," ujarnya.

Tak hanya itu, dia pun memaklumi dengan kondisi Meranti yang saat ini dilanda sejumlah kendala, salah satu belum mendapat kucuran anggaran dari pemerintah daerah setempat mengingat saat ini dilanda pandemi COVID-19.

"Saya berharap dari pemerintah daerah setempat bisa lebih memperhatikan NPC Meranti sebagai organisasi olahraga difabel yang memiliki hak layaknya seperti saudara kita KONI. Apalagi kita sama memiliki payung hukum yang kuat dari undang-undang, sebagaimana pemerintah wajib memperjuangkan hak difabel dalam konteks olahraga," jelasnya.

Baca juga: Kisah Rumah Kumuh Nenek Kida Bersama Anaknya yang Difabel di Kuansing

Sementara, Wakil Ketua NPC Kepulauan Meranti Syamsidir mengaku akan berupaya lebih keras menyiapkan atlet difabel yang berpotensi untuk mengharumkan nama daerah. Ia menyadari, pengurus NPC Kepulauan Meranti mengalami sejumlah kendala baik dari pencarian bibit atlet hingga anggaran operasional.

"InsyaAllah, dengan semangat ini kami akan menyiapkan atlet difabel yang mumpuni. Upaya ini merupakan niat ikhlas untuk memperjuangkan hak atau taraf hidup mereka (difabel) dalam berolahraga. Mereka sudah menjadi bagian dari kami," pungkas pria yang akrab disapa Atan itu.

Baca juga: Bulan, Anak Difabel yang Diberi Kursi Roda oleh Presiden Berkesempatan Bertemu Langsung