Tol Pekanbaru - Dumai akan ditopang kesiapan jaringan telekomunikasi

id Tol pekanbaru-dumai,Telkomsel, tol pekanbaru dumai

Tol Pekanbaru - Dumai akan ditopang kesiapan jaringan telekomunikasi

Arsip foto. Kendaraan melintas di gerbang Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Kota Pekanbaru, Riau. (ANTARA/FB Anggoro/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Progres pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Dumaisemakin mendekati 100 persen. Untuk pengoperasian tentu diperlukan dukungan telekomunikasi melalui drive test di sepanjang jalur.

"Drive test mencatatkan hasil memuaskan dimana jangkauan jaringan Telkomsel telah mencapai 92 persen yang didominasi oleh layanan 3G dan 4G. Kami siap mengakomodir seluruh kebutuhan komunikasi para pengguna jalan tol ini nantinya setelah resmi beroperasi," kata General Manager Network Operation and Quality Management Region Sumbagteng Telkomsel Alvo Ismail di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan, melalui drive test ini akan dipastikan jaringan telekomunikasi di sepanjang Jalan Tol Pekanbaru – Dumai sudah siap untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan, baik telepon, SMS, dan juga akses internet saat jalur ini resmi beroperasi nanti.

Kata dia, Telkomsel secara berkala terus melakukan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan pada jalan tol yang memiliki panjang 131 KM ini. Lokasi peristirahatan (rest area) merupakan salah satu fokus Telkomsel karena diprediksi akan menjadi titik keramaian pengguna jalan tol.

Hingga saat ini, kualitas jaringan telkomsel tercatat dalam kategori good speed dimana kecepatan 3G mencapai 15 Mbps dan 4G hingga 36 Mbps. Ke depannya, Telkomsel akan membangun infrastruktur tambahan secara berkala untuk memaksimalkan layanan komunikasi bagi masyarakat yang melintas di jalur ini.

"Kami akan terus bergerak maju mengoptimalkan kapasitas maupun kualitas jaringan Telkomsel serta sesegera mungkin menjangkau 100 persen jalur tol Pekanbaru – Dumai untuk seluruh layanan," tutup Alvo.

Baca juga: Pemprov Riau percepat persiapan pembangunan tol Rengat-Pekanbaru, begini penjelasannya

Baca juga: Riau gesa selesaikan sengketa lahan jelang peresmian Tol Pekanbaru-Dumai