Perencanaan pengendalian banjir Pekanbaru butuh Rp1,6 miliar

id Banjir di pekanbaru,banjir pekanbaru, pekanbaru, kota pekanbaru

Perencanaan pengendalian banjir Pekanbaru butuh Rp1,6 miliar

Banjir di Jalan Dipponegoro Pekanbaru, Rabu sore (27/11). (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengerjaan rencana induk pengendalian banjir Pekanbaru berbiaya Rp1,6 miliar tersebut bakal segera dikerjakan menyusul pemenang lelang proyek tersebut sudah ditetapkan yakni PT. Artha Demo Engineering Consultant, sebuah perusahaan asal Bandung, Jawa Barat.

"Perusahaan itu menang dengan harga penawaran sebesar Rp1.540.000.000, sementara nilai negosiasi setelah menang dengan nilai penawaran itu, yakni sebesar Rp1.538.900.000 dan sekarang mereka sedang mematangkan persiapan laporan pendahuluan," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, di Pekanbaru, Sabtu.

Baca juga: Hujan deras semalaman rendam puluhan rumah warga di DAS Sungai Itam Pekanbaru

Menurut dia, masterplan tersebut diyakini bisa berdampak baik untuk penanganan banjir di Pekanbaru. Ia juga berharap, setelah masterplan dan pengerjaan fisik selesai, banjir yang terjadi saat hujan turun dapat teratasi.

"Harapan kita dengan adanya Masterplan ini masalah banjir maupun bagaimana penanganannya ke depan sudah bisa diberikan solusinya. Kedepan Pemkot Pekanbaru, juga merencanakan akan membangun sumur resapan di wilayah rawan banjir. Kebijakan ini dilakukan guna mengantisipasi genangan air yang menyebabkan banjir di wilayah rawan banjir. ***1***T.F011