Tim Kukerta UR ini sosialisasi pembuatan cairan pembersih tangan

id KKN Unri, Kukerta UR, Unri, mahasiswa unri

Tim Kukerta UR ini sosialisasi pembuatan cairan pembersih tangan

Tim Kukerta UR di Kelurahan Tangkerang Utara.(ANTARA/HO-Tim Kukerta UR)

Pekanbaru (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Riau peserta Kuliah Kerja Nyata melaksanakan sosialisasi pembuatan hand sanitizer dan pekarangan lahan pertaniankepada masyarakat Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru di masa pandemi COVID-19.

"Kegiatan Sosialisasi ini melibatkan sekitar 25 orang warga dengan sembilan orang mahasiswa tim kuliah kerja nyata dan tiga orang pihak kelurahan," kata

Sekretaris Tim KKN Henny, Jumat.

Pemberianedukasi terpadu itu dilakukan pada Kamis (7/8) di Aula Kantor Kelurahan Tangkerang Utara. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, aturan pemerintah pusat dan daerah serta peraturan setempat.

Sosialisasi pertama adalah kegiatan di luar sektor kesehatan dengan pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman pertanian. Kemudian, juga dijelaskan beberapa hal dan tahapan dalam membuat pekarangan lahan pertanian seperti proses penyemaian benih, perawatan dan pemeliharaan bibit.

Baca juga: Mahasiswa KKN Pedagogik UNRI berbagi masker di Desa Dayun

Kemudian sosialisasi kedua yaitu kegiatan yang berhubungan langsung dengan sektor kesehatan dan penanggulangan COVID-19,Kegiatannya yakni pembuatan dan membagikan "hand sanitizer" kepada masyarakat.

"Sosialisasi dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tahap-tahap dan cara membuat hand sanitizer dari alkohol dan aloe vera(lidah buaya). Kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujar Henny.

Kegiatan sosialisasi dilakukan mahasiswa dan seluruh warga dan perwakilan dari kelurahan. Peserta yang hadir harus memakai masker, menjaga jarakdemi menghindari transmisi virus.

Baca juga: Inilah hand sanitizer tanpa sentuh karya mahasiswa Universitas Riau