Bintan Gelar Festival Layang-Layang Internasional

id bintan gelar, festival layang-layang internasional

Bintan Gelar Festival Layang-Layang Internasional

Bintan, (ANTARARIAU News) - Sebanyak 40 orang peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti perlombaan layang-layang dalam ajang "Bintan Internasional Kite Festival 2011", yang digelar di pantai Lancang Kuning, Nirwana Gardens Resort, Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau.

"Selain peserta dari dalam negeri terdapat peserta dari Singapura, Thailand, Philipina dan Malaysia," kata Ketua Panitia Bintan Internasional Kite Festival, Arif Syafdiansyah disela-sela perlombaan.

Arif mengatakan, perlombaan akan dibagi dalam dua kategori yaitu lomba layang-layang tradisional dan layang-layang moderen yang akan berlangsung hingga Minggu (11/12).

"Peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp24 juta," ujarnya.

Minat peserta dalam ajang "Bintan Internasional Kite Festival" yang pertama digelar ini, menurut Arif, cukup tinggi karena pecinta layang -layang dari luar negeri, Jakarta, Semarang dan sejumlah daerah lainnya termasuk peserta dari Bintan cukup banyak.

"Kami berharap dengan adanya lomba layang-layang ini lebih mengenalkan potensi wisata Bintan kepada wisatawan mancanegara mapun dalam negeri," ujarnya yang juga Ketua Persatuan Layangan Bintan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bintan, Raja Akib Rachman mengatakan dengan digelarnya sejumlah event pariwisata di Bintan diharap lebih meningkatkan kunjungan wisata baik lokal mau pun mancanegara.

"Kami menyambut baik adanya Bintan Internasional Kite Festival ini, karena akan mendatangkan lebih banyak tamu yang berkunung ke Kawasan Wisata Terpadu Lagoi khususnya dan Bintan pada umumnya," ujar Akib.

Akib mengatakan, Pemkab Bintan dan pihak pengelola serta hotel di Lagoi terus berupaya untuk mendatangkan wisatawan asing terutama dengan menggelar sejumlah perlombaan, seperti Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Festival Budaya Nusantara dan sejumlah kegaitan kepariwisataan lainnya.

Dalam lomba tersebut, layang-layang yang ditampilkan para peserta cukup menarik perhatian pengunjung yang sebagian besar merupakan warga negara asing yang beriwisata ke Lagoi.

Layang-layang yang ditampilkan pada umumnya layangan moderen berupa replika dari binatang, tokoh kartun, badut serta tokoh pewayangan dan juga layangan tradisional dari Sumatra Barat.

"Layangan yang ditampilkan peserta cukup unik dan menarik untuk ditonton," ujar salah seorang penonton, Asep.