Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sampaikan duka cita gugurnya prajurit TNI di Kongo

id Berita hari ini, berita riau antara,berita riau terbaru

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sampaikan duka cita gugurnya prajurit TNI di Kongo

Foto Dok - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto (kiri) menyalami anggota Pasukan Garuda Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q MONUSCO saat upacara pemberangkatan di di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Pasukan Garuda Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-Q MONUSCO pada misi PBB di Kongo, Afrika menggantikan Satgas Kizi TNI Konga XX-P MONUSCO dengan jumlah 175 personel terdiri dari 153 prajurit TNI AD, 17 prajutit TNI AL, dan 5 prajurit TNI AU. ANTARA (FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya prajurit TNI Serma Rama Wahyudi saat menjalankan tugasnya sebagai anggota pasukan perdamaian Indonesia pada Misi MONUSCO di Kongo.

"Kita semua turut berbelasungkawa dengan gugurnya prajurit TNI Serma Rama Wahyudi saat mengemban tugas mulia sebagai pasukan perdamaian Indonesia di Kongo," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Video call terakhir Serma Rama Wahyudi, Prajurit TNI gugur di Kongo

Serma TNI Rama Wahyudi tewas saat melakukan patroli karena diserang kelompok milisi, Senin (22/6) malam waktu setempat.

Dia mengutuk kelompok milisi pelaku serangan yang mengakibatkan gugurnya Serma Rama Wahyudi terlebih pasukan keamanan PBB ditempatkan di Kongo guna menjaga dan mengawasi proses perdamaian di wilayah tersebut.

Bamsoet mendesak kementerian Luar Negeri Indonesia segera berkoordinasi dengan PBB dan Pemerintah Kongo untuk menyelidiki serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian itu.

"Penyerangan terhadap pasukan keamanan PBB yang bertugas tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu berharap gugurnya Serma Rama Wahyudi tidak menyurutkan moral prajurit TNI untuk terus berperan menjaga perdamaian dunia. Karenanya, Kementerian Luar Negeri RI dan TNI harus memastikan jenazah almarhum bisa segera tiba di Tanah Air.

Dia menilai Pemerintah dan TNI sangat layak menganugerahkan penghargaan kepada almarhum Serma Rama Wahyudi karena almarhum merupakan pahlawan yang gugur di luar negeri saat menjalankan tugas negara.

Baca juga: Prajurit TNI meninggal di Kongo akan dimakamkan di Pekanbaru

Pewarta: Imam Budilaksono