Dinsos Siak sambut peluncuran aplikasi Mata Bansos COVID-19

id siak, pemkab siak, aplikasi mata bansos, mata bansos

Dinsos Siak sambut peluncuran aplikasi Mata Bansos COVID-19

Pj Sekda Siak dan Dinsos menyaksikan peluncuran Aplikasi Mata Bansos.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Siak menyambut baik peluncuranaplikasi "Mata Bansos" atau Monitoring Data Bantuan sosial oleh BadanPengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Pemerintah Provinsi Riauuntuk memonitor sejauh mana perkembangan penyalurannya ke masyarakat terdampak COVID-19.

"Tentunya kami menyambut baik dengan adanya sistem aplikasi ini, sehingga nanti dengan mudahnya kami untuk memantau setiap perkembangan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat" kata Pelaksana Tugas Kepala Dinsos Siak, Rubiati.

Menurutnya manfaat dari aplikasi Mata Bansos ini adalah pertama untuk memonitor anggaran dan realisasi bantuan sosial yang berasal dari bantuan keuangan provinsi per kabupaten/kota secara real time. Kedua memverifikasi seluruh data penerima manfaat.

Ketiga untuk mengupdate seluruh data penerima manfaat. Jadi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah harus sinkron dan terintegrasi, agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan.

Peluncuran aplikasi Mata Bansos dilaksanakan BPKP dan Pemprov Riau secara virtual. Nantinya akan memonitor bantuan ke masyarakat yang terdampak COVID-19 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau, khususnya yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau Tahun 2020.

Melalui video conference Kepala BPKP Pusat Muhammad Yusuf Ateh mengajak pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, untuk selalu memperbarui data penerima bansos agar tepat sasaran. Dalam pelaksanaannya, BPKP melalui perwakilan di Provinsi Riau akan selalu mendampingi dalam menyelesaikan permasalahan pendataan bansos.

"BPKP akan selalu mendampingi untuk bersama keluar dari krisis ini. Yang terpenting adalah untuk selalu mengupdate data agar pemberian bantuan sosial bisa berjalan dengan lancar dan baik," ucapnya.

Aplikasi Mata Bansos tersebut diluncurkan secara virtual oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi Kepala BPKP Perwakilan Riau Farid Firman dan pejabat lainnya di Posko Gugus Tugas COVID-19 Riau di Pekanbaru, Jum'at (5/6/2020). (adv)

Baca juga: Tonjolkan pariwisata, Siak bersiap ikuti lomba inovasi tatanan normal baru

Baca juga: Songsong normal baru, Bupati Siak: Masih ada Rp17 miliar