BPJS Kesehatan bersama Global Wakaf-ACT bangun tiga sumur wakaf di Riau

id BPJS KEsehatan, global wakaf, sumur wakaf, act,act riau

BPJS Kesehatan bersama Global Wakaf-ACT bangun tiga sumur wakaf di Riau

Salah satu manfaat sumur wakaf yang dibangun. (ANTARA/HO-ACT)

Pekanbaru (ANTARA) - BPJS Kesehatan Provinsi Riau bersama Global Wakaf-ACTsetempat membangun sebanyak tiga sumur wakaf di Provinsi Riau untuk warga yang kesulitan air bersih.

Ketua Tim Program Global Wakaf-ACT Riau, Hibban melalui pernyataannya di Pekanbaru, Kamis, mengatakan sumur-sumur itu berada di Desa Ranah Singkuang di Kabupaten Kampar, Desa Libo Jaya di Kabupaten Siak dan Desa Libo Jaya di Kabupaten Indragiri Hulu. Sumur ini dibangun menggunakan dana CSR BPJS Kesehatan tahun anggaran 2019 melalui Global Wakaf.

Dibangunnya sumur ini sebagai wujud kepedulian BPJS Kesehatan terhadap kondisi masyarakat terutama yang susah mendapatkan air karena ketiadaan sumber air bersih.

"Tiga lokasi yang kita bangun sumur ini adalah daerah yang rawan kekeringan, terutama masyarakat desa Sei Ubo, bahkan tak hanya saat musim kemarau mereka sudah merasakan kesulitan mendapatkan air bersih," sebut Hibban.

Pembangunan Sumur wakaf oleh BPJS di Provinsi Riau bukanlah yang pertamanya karena sebelumnya, pada tahun 2017 BPJS bersama Global Wakaf-ACT juga telah membangun sumur wakaf di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Pembangunan sumur wakaf ini bagian kepedulian kita terhadap masyarakat, terutama yang berada jauh dari perkotaan dan membutuhkan sarana dan prasarana mendukung aktifitas warga," sebut Humas BPJS kesehatan Riau, Hanung.
Salah satu manfaat sumur wakaf yang dibangun. (ANTARA/HO-ACT)


Salah seorang warga Desa Sei Ubo, Usman, mengatakan pembangunan sumur ini sangat bermanfaat bagi warga di desanya karena jika musim kemarau mereka sangat kesulitan untuk mendapatkan air.

"Kami harus turun dulu ke anak sungai untuk mendapatkan air. Sangat bersyukur sekali dengan dibangunnya sumur wakaf ini, begitu terasa manfaatnya untuk kami," sebutnya.

Dengan selesainya tiga unit sumur wakaf BPJS Kesehatan ini, maka total sumur yang telah dibangun oleh Global Wakaf-ACT Riau adalah sebanyak 19 titik menyebar di 10 kabupaten/kota di seluruh Provinsi Riau.

Wahyu selaku Humas Global Wakaf-ACT Provinsi Riau menambahkan, masih banyak wilayah yang terpapar kekeringan hingga kesulitan air bersih di Riau. Global Wakaf-ACT akan terus berikhtiar untuk membangun sumur wakaf lainnya di Provinsi Riau.

Hal ini tentu saja membutuhkan peran semua pihak untuk berkolaborasi, berkontribusi yang mana pembangunan sumur wakaf ini pun juga bisa dilakukan dengan cara patungan atau kolektif.

"Yuk bangun sumur wakaf bersama-sama melalui yayasan Global Wakaf di BNI Syariah 10 10000 182," pesan Wahyu.

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar