MTQ di Kandis Siak juga ditunda karena Corona

id mtq siak ditunda, mtq siak, siak, berita siak

MTQ di Kandis Siak juga ditunda karena Corona

Ilustrasi Pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pelaksanaan Kegiatan Musaqoh Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Siak yang rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Kandis pada pekan ketiga Maret nanti dinyatakan ditunda karena wabah pandemik Virus Corona atau Covid-19.

"Karena kondisi tidak memungkinkan, maka MTQ kita tunda. Pada 14 April nanti kita lihat perkembangan dan adakan pertemuan lagi," kata Pejabat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Siak, Jamaluddin usai rapat antisipasi Virus Corona, Selasa sore.

Pada 14 April tersebut nantinya akan diputuskan apakah MTQ Kabupaten Siak dibatalkan saja 2020 ini. Alternatif lainnya tetap diadakan namun hanya Seleksi Tilawatil Quran saja, tidak ada pembukaan, bazar, dan pawai.

Untuk tempat, lanjutnya sementara masih di Kecamatan Kandis yang sudah ditetapkan sebagai tuan rumah. Diketahui hampir semua kecamatan di Siak juga sudah rampung melaksanakan MTQ tingkat kecamatan.

Jamaluddin menyampaikan bahwa edaran Bupati Siak, Alfedri dalam mengantisipasi virus Corona salah satunya adalah mengurangi kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Selain juga meliburkan sekolah, meniadakan apel, senam pagi, dinas ke luar negeri, dan selektif dinas luar daerah.

Senada dengan hal itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Siak, Muharrom juga menilai bahwa penundaan MTQ adalah pilihan yang tepat. Pasalnya peserta juga banyak berasal dari kalangan pelajar.

"Kalau memaksakan diri dalam kondisi ini, kita termasuk orang yang keliru," imbuhnya.

Pada Tahun 2019 yang lalu, Kecamatan Siak meraih juara Umum pada MTQ Tingkat Kabupaten Siak yang diadakan di Kecamatan Sungai Apit. Perlombaan tingkat kabupaten ini juga dalam rangka seleksi menuju MTQTingkat Provinsi Riau Tahun 2020 yang dilaksanakan pada akhir tahun.

Baca juga: Belum ada larangan Salat Jumat di Siak, dianjurkan bawa sajadah sendiri

Baca juga: Festival Kota Pusaka Nusantara di Siak ditunda karena Corona