Kafilah Siak raih peringkat III pada MTQ Provinsi Riau

id MTQ Provinsi Riau, Kafilah Kabupaten Siak, Juara III MTQ

Kafilah Siak raih peringkat III pada MTQ Provinsi Riau

Para Kafilah Kabupaten Siak yang meraih Juara pada MTQ Provinsi Riau di Kota Dumai. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Kafilah Kabupaten Siak meraih peringkat III pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tahun 2024 Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai dan meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berada di posisi peringkat ke-10 dari 12 kabupaten/kota.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza, di Siak, Minggu mengapresiasi seluruh peserta, pelatih dan perangkat tim serta seluruh pihak yang terlibat. Siak berhasil mengumpulkan 47 poin dan diumumkan sebagai peringkat III pada penutupan MTQ Provinsi Riau, Sabtu(27/4) malam.

"Kami berharap prestasi yang baik ini, bisa dipertahankan terlebih ditingkatkan pada MTQ akan datang. Kepada anak-anak yang juara, terus berlatih asah terus kemampuannya," katanya.

Kafilah Kabupaten Siak meraih peringkat ke-3 pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dengan menyisihkan Kuantan Singingi, Tuan Rumah Kota Dumai dan Pelalawan. Poin-poin yang disumbangkan Kafilah Siak terdiri dari beberapa cabang dan golongan.

Meliputi Tilawah Alquran golongan Tartil Alquran putra juara 2 dan Tartil Alquran Putri Juara 1. Kemudian Golongan Dewasa Qiraat Mujawwad Putra memperoleh Juara 1 dan Dewasa Qiraat Murattal Putri Juara 2.

Kemudian Cabang Hifzil Alquran Golongan 5 Juz dan Tilawah Putri Juara 1, Golongan 10 juz Putra Juara 2, dan 10 juz Putri Juara 2. Lalu Cabang Tafsir Alquran, Golongan Bahasa Inggris beserta Hafalan Juz 1 sampai 16 dan Tafsir jlJuz XVI Putra Juara 2, Golongan Bahasa Inggris beserta Hafalan Juz 1 sampai 16 dan Tafsir Juz XVI Putri Juara 3.

Selanjutnya Cabang Syarhil Alquran, Golongan Putra Juara 3, Cabang Fahmil Alquran Golongan Putra Juara 2. Lalu Cabang Khattil Alquran, Golongan Naskah Putra Juara 3 dan Golongan Hiasan Mushaf Putri Juara 3.

Ada juga Cabang Musabaqah Hafalan Hadits, Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad Putra Juara 1 dan Cabang Barzanji Golongan Putri Juara 1. Secara keseluruhan Kafilah Kabupaten Siak memperoleh Juara 1 sebanyak 5, Juara 2 sebanyak 6 dan Juara 3 sebanyak 4.