Menteri LH Lihat Kondisi Kerusakan Lingkungan Dumai

id menteri lh, lihat kondisi, kerusakan lingkungan dumai

Dumai, 30/6 (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhamad Hatta, dijadwalkan berkunjung ke Kota Dumai, Riau, untuk melihat secara dekat kondisi kerusakan lingkungan akibat pembakaran hutan dan tata ruang industri yang kurang optimal di daerah tersebut.

"Konfirmasi terakhir, jadwal kunjungan Menteri Gusti Muhammad Hatta pada 24 Juli 2011, tujuanya untuk meninjau kerusakan lingkungan di Dumai," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Dumai, Basri, di Dumai, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah berupaya untuk mempersiapkan segala keperluan dan kebutuhan termasuk pengamanan dan lainnya guna menyambut kedatang Gusti Muhamad Hatta.

"Segala persiapan akan kita koordinasikan dengan sejumlah instansi terkait lainnya, seperti kepolisian, Dinas Kehutanan, Satuan Polisi Pamong Praja dan seluruh unsur pejabat pemerintah kecamatan hingga kelurahan," katanya.

Menurut Basri, koordinasi persiapan menyambut kedatangan Menteri hingga ke para pejabat di kecamatan dan kelurahan sengaja dilakukan karena rute kunjungan Menteri rencananya juga akan mengunjungi beberapa wilayah kawasan industri dan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan yang ada di beberapa wilayah kecamatan.

"Mudah-mudahan kunjungan Menteri ini tidak batal, karena rencananya kita akan mengajak Menteri untuk berkeliling Kota Dumai yang saat ini memang masih membutuhkan biaya besar untuk segala fasilitas," tuturnya.

Di Kantor Lingkungan Hidup sendiri, kata dia, saat ini belum ada fasilitas laboratorium dan sejumlah alat pengukur kualitas udara.

"Akibatnya kalau ada kasus pencemaran, kita harus mengajukan sample ke laboratorium luar kota atau milik Pertamina Dumai.

Sementara untuk mengukur kualitas udara yang selalu tercemar kabut asap sisa kebakaran hutan, kita harus menggunakan papan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) milik PT Chevron Pasific Indonesia," kata Basri.