Alfamart Pekanbaru akan evaluasi produk pangan UMKM mitra bisnisnya

id Umkm,alfamart

Alfamart Pekanbaru akan evaluasi produk pangan UMKM mitra bisnisnya

Sejumlah produk pangan UMKM yang menjadi mitra Alfamart di jajakan pada etalase depan dengan fasilitas gratis, Pekanbaru (10/3). (Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Alfamart Pekanbaru akan melakukan evaluasi terhadap produk pangan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang telah bermitra menjajakan produknya di riteil modern itu.

"Mitra UMKM alfamart sudah jalan sejak 2018, mereka menjajakan produknya di setiap toko yang ada," kata Corcom Manager Regional IV Alfamart Muhammad Afran, di Pekanbaru, Selasa.

Afran mengatakan, untuk menjaga kualitas maka tiap tahun toko akan melakukan evaluasi bagi setiap produk pangan milik UMKM yang akan dipasarkan.

"Tahun 2020 ini kami akan evaluasi produk UMKM yang masuk tahun sebelumnya, katanya.

Tujuannya lanjut dia, agar produk pangan UMKM yang dijajakan di tenan Alfamart lebih baik. Selain penjualan dari produk pelaku usaha akan lebih baik lagi setelah barangnya berada di toko.

"Artinya akan menambah omzet," katanya.

Ia mengatakan hal yang akan jadi perhatian bagi produk layak jual di riteil moderen itu, kehigienisan, daftar PIRT, ijin Diskes dan BPOM, logo halal serta kemasan menarik.

"Harapan kami semua produk UMKM yang di jajakan pada etalase alfamart sudah teregistrasi, dan disebar ke toko-toko," katanya.

Dikatakan dia. selama ini alfamart juga sudah membina UMKM agar bisa miliki pasar yang lebih baik. Bentuk bantuan yang diberikanAlfamart juga memfasilitasi agar UMKM mendapatkan pelatihan produk dengan stakeholder terkait. Demikian juga untuk pemasaran mereka mendapat space etalase di depan toko dengan gratis.

"Kami akan bangkitkan produk makanan UMKM di setiap toko," tukasnya.