Dinkes Bengkalis Deportasi WNA yang bersuhu 38,5 derajat celcius

id pemkab bengkalis,Virus corona,Deportasi,Covid-19,Berita riau antara,Berita riau terbaru

Dinkes Bengkalis Deportasi WNA yang bersuhu 38,5 derajat celcius

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Bengkalis Alwizar.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama pihak Imigrasi Bengkalis Riau akan melakukan Deportasi terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang ditemukan suhu tubuhnya lebih dari 38,5 derajat celcius yang turun di Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja Selat Baru.

"Peraturannya ada di Menkumham, setiap penumpang turun dari kapal melewati thermal scanner dulu baru ke Imigrasi. Artinya nanti jika WNA suhunya lebih dari 38,5 derajat celcius kita komunikasi dengan imigrasi untuk di deportasi. Kalau WNI akan kita observasi dibawa ke Puskesmas, "Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Bengkalis Alwizar, Rabu (4/04).

Selain iti Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis memastikan Bengkalis masih aman dari ancaman virus corona atau covid-19. Sampai hari ini, belum ada warga ataupun temuan terkait indikasi virus tersebut.

"Alhamdulillah di kita di wilayah Kabupaten Bengkalis belum terdeteksi suspek virus corona ini, "tegasnya

Kendati demikian, Alwizar menyatakan pihak tetap melakukan langkah antisipasi yang ketat.

" Tadi kita kordinasi dengan Dishub agar menyegerakan pemasangan thermal scanner di Pelabuhan BSSR. Karena memang alat baru spesifikasi membutuhkan ruangan gelap dan AC agar alarm tidak berbunyi," kata Alwizar.

Dinas kesehatan juga melakukan sistem kewaspadaan dini yang ketat terhadap masyarakat. Bidan desa dan Pustu di bawah koordinasi Puskesmas akan mengamati orang mengalami sesak napas atau ISPA.

"Jika ada segera dibawa ke puskesmas diobati sampai sembuh. Karena gejala-gejala corana mirip sekali dengan ini, " imbuh Alwizar lagi

Dia berharap masyarakat tidak panik informasi tentang corona. Corona merupakan salah satu virus yang kecil kemungkinan menyebabkan kematian.

"Pesan kami, Lakukan cuci tangan setiap kali kembali kerumah, kemudian makan bergizi dan beraktivitas fisik, serta istirahat cukup. Didalam tubuh yang kebugaran kuat, virus tidak akan bertahan lama. Yang paling penting adalah kebersihannya diri," pungkasnya.

Baca juga: Kondisi pasien terduga Covid-19 di Pekanbaru mulai stabil, begini penjelasannya

Baca juga: Pegawai dan tamu di PLN Pekanbaru diperiksa untuk antisipasi COVID-19, begini penjelasannya

Baca juga: Karyawan hotel yang kontak dengan WN Jepang negatif COVID-19, begini hasil pemeriksaannya