Sahabat Sungai Pekanbaru edukasi anak-anak tepian Sungai Siak, begini strateginya

id sahabat sungai pekanbaru,edukasi lingkungan,sungai,sungai siak,berita riau antara,berita riau terbaru

Sahabat Sungai Pekanbaru edukasi anak-anak tepian Sungai Siak, begini strateginya

Kegiatan komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Minggu (1/3/2020). (ANTARA/HO-Annesa)

Pekanbaru (ANTARA) - Anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru melakukan edukasi tentang menjagasungai kepada warga yang tinggal di daerah aliran Sungai Siak, terutama kepada anak-anak.

Ketua dan pendidik Sahabat Sungai Pekanbaru, Annesa dalam keterangan pers kepada Antara di Pekanbaru, Senin mengatakan berbagai cara dilakukan komunitas itu dalam mengampanyekan kelestarian sungai. Dengan target sosialisasi anak-anak, maka edukasinya dibuat dengan menyenangkan lewat lomba mewarnai dan dongeng.

Annesa menjelaskan pada 1 Maret lalu Sahabat Sungai Pekanbaru telah menggelar lomba mewarnai di Sungai Senapelan, Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan. Sungai Senapelan adalah anak Sungai Siak, yang di sekitarnya merupakan permukiman penduduk paling tua di Pekanbaru.

"Lomba ini diikuti oleh anak-anak yang tinggal di sekitar sungai tersebut. Tidak hanya lomba mewarnai, anak-anak tersebut juga diberikan edukasi tentang menjaga sungai melalui dongeng lingkungan," kata Annesa yang merupakan runner up Duta Lingkungan Kota Pekanbaru.

Ia menjelaskan Sahabat Sungai Pekanbaru adalah sebuah komunitas peduli sungai yang beranggotakan siswa SMA dan mahasiswa yang ada di Kota Pekanbaru. Komunitas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian anak muda terhadap kondisi sungai, juga anak sungai yang ada di Kota Pekanbaru.

Sebelumnya Sahabat Sungai Pekanbaru telah berulang kali melakukan aksi bersih dan memberikan edukasi kepada anak-anak dan masyarakat di Sungai Senapelan, Sungai Sago dan Sungai Limau sejak Tahun 2018.

Pada Tahun 2020, Sahabat Sungai Pekanbaru ingin fokus membina anak-anak yang tinggal di sekitar Sungai Senapelan untuk melalui Kelas Sungai.

Kelas Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru adalah sebuah kegiatan per dua pekan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta dan kepedulian anak-anak terhadap sungai dan anak sungai di Pekanbaru.

"Melalui kelas ini kami berharap agar semakin banyak generasi muda yang peduli dan menjaga sungai," ujar Annesa.

Pelaksanaan Kelas Sungai seluruhnya dipersiapkan oleh relawan Sahabat Sungai Pekanbaru, mulai dari yang membuat gambar, menjadi juri, pendongeng, pembawa acara dan peran lainnya.

"Beruntung sekali relawan Sahabat Sungai Pekanbaru memiliki berbagai bakat dan talenta sehingga kami dapat memaksimalkan potensi yang ada untuk mewarnai, mengedukasi dan mengispirasi untuk anak-anak yang tinggal di kawasan ini. Kami juga berterima kasih kepada seluruh donatur yang telah menyukseskan acara ini serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru yang terus mendukung setiap kegiatan Sahabat Sungai Pekanbaru," demikian Annesa.

Baca juga: Pengembalian fungsi konservasi daerah aliran sungai solusi untuk atasi banjir

Baca juga: Tanggul sungai Citarum di Bekasi jebol akibatkan akses warga tertutup

Baca juga: Sungai Indragiri meluap, Polisi siagakan petugas atur lalu lintas