Pangkalan TNI AU Eltari pamerkan empat pesawat tempur Sukhoi Su-30 bagi publik

id Berita hari ini, berita riau terklini, berita riau antara,pesawat Sukhoi

Pangkalan TNI AU Eltari pamerkan empat pesawat tempur Sukhoi Su-30 bagi publik

Warga berswafoto dengan latar belakang pesawat tempur Sukhoi Su-30 Flanker pada pameran statik pesawat tempur itu, di hanggar di Pangkalan Udara TNI AU Eltari, di Kupang, NTT, Sabtu (15/02/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Kupang (ANTARA) - Pangkalan Udara TNI AU Elltari di Kupang mengelar pameran statik empat pesawat tempur Sukhoi Su-30 Flanker kepada publik. Pesawat tempur buatan Rusia itu hadir di sana dalam misi Operasi Patroli Udara Lintas Panah 2020 di perbatasan Indonesia-Timor Leste dan Indonesia-Australia.

Komandan Pangkalan Eltari, Kolonel Penerbang Agus Setiawan, yang ditemui di sela-sela pameran statik di hanggar pangkalan udara itu, Sabtu (15/2), mengatakan, aktivitas ini untuk mengenalkan pesawat tempur kebanggaan TNI AU kepada masyarakat umum.

Baca juga: Empat pesawat tempur sukhoi gelar patroli Lintas Panah 2020 di wilayah NTT

"Kegiatan ini kami lakukan untuk memperkenalkan empat pesawat tempur kebanggaan Indonesia khususnya TNI AU ini. Kebetulan sekali memang lagi ada patroli di sini, " katanya.

Dengan menyilakan publik melihat langsung keempat Sukhoi Su-30 Flanker kepada publik itu, kata dia, diharapkan mampu menarik minat dan kemauaan anak-anak muda di NTT untuk mau menjadi anggota TNI, baik itu TNI AU, TNI AL dan TNI AD.

Pelaksaan pameran statik dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama mulai dari pukul 10.00-11.30 WITA dikhususkan bagi anak-anak sekolah yang berada di dekat komplek Pangkalan Udara TNI AU Eltari di kawasan Penfui, Kupang, sementara pameran statik sesi kedua dikhususnya bagi masyarakat umum pada pukul 12.00-15.00 WITA.

Selain memamerkan empat pesawat tempur dari Skuadron Udara 11 itu, tuan rumah juga memamerkan helikopter NAS-330 Puma yang digunakan untuk mendukung kegiatan patroli Lintas Panah 2020 itu.

Seorang warga setempat, Nuryati, berujar tentang pameran statik itu, "Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Mereka ini jarang sekali melihat secara langsung pesawat tempur. Nah adanya statik show ini justru memberikan pembelajaran baru bagi anak-anak di sekolah."

Pembelajaran langsung di lapangan, kata dia, justru membantu mengembangkan imajinasi anak-anak dan mampu mengerakkan naluri anak-anak untuk bisa menjadi seperti apa yang saat dilihat, seperti melibat langsung anggota TNI yang gagah dan lain sebagainya.

Baca juga: Rusia tetap pegang komitmen soal pengadaan Sukhoi Su-35 Indonesia

Baca juga: Sukhoi SU 35 Penuhi Spesifikasi Pengganti F-5 Tiger


Pewarta: Kornelis Kaha