Tiga kecamatan Pekanbaru akan dialiri jaringan gas tahun ini

id Jargas,gas, pgn

Tiga kecamatan Pekanbaru akan dialiri jaringan gas tahun ini

Arsip foto. Pekerja menyelesaikan pemasangan pipa jaringan gas (jargas) milik PGN di jembatan layang Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pekanbaru (ANTARA) - Tiga kecamatan lagi di Kota Pekanbaru, yakni Sukajadi, Marpoyan Damai dan Senapelan akan dialiri jaringan gas (jargas) program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2020 ini.

"Diperkirakan sebanyak 5.077 rumah tangga di tiga kecamatan tersebut akan dilayani fasilitas jargas," kata Asisten III bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Baharuddin usai memimpin rapat koordinasi pembangunan jaringan gas Kota Pekanbaru, di ruang rapat Mal Pelayanan Publik (MPP), Pekanbaru, Selasa.

Rapat tersebut dihadiri perwakilan Kementerian ESDM, provinsi, PT SPP, DLHK, Disperindag dan PLN dan Pemerintah Kota sebagai mitra kerjasama.

Baharuddin menjelaskan Pemko Pekanbarusiap memberikan dukungan penuh untuk pemasangan 5.077 jargas tersebut.

"Karena Bapak Wali kota sangat mendukung dan antusias sekali untuk melaksanakan program ini, bahkan siap memfasilitasi perizinan dan sosialisasi. Untuk perizinan, bapak Wali kota menginginkan prosesnya tidak terlalu panjang. Kalau bisa dipersingkat, mengapa tidak," imbuhnya.

DitambahkanBaharuddin, Pemko menginginkan jargas yang tersambung ke rumah tangga sasaran dipasangkan alat pengaman.

"Sebab gas ini tidak berbau. Kalau terjadi kebocoran, warga bisa tahu sedini mungkin," tuturnya lagi.

Diakhir kalimat Baharuddin, menyatakan dengan pemasangan 5.077 sambungan rumah tangga tahun ini maka total pemasangan jargas hingga kini sekitar 9.000 lebih.

"2017 lalu ada 4.000 lebih jaringan gas yang telah tersambung ke rumah tangga sasaran di dua kecamatan yakni Sail dan Pekanbaru Kota," pungkasnya.

Baca juga: PGN bangun 4.000 jaringan gas rumah tangga di Siak

Baca juga: Pemkot Dumai - Kementerian ESDM sepakati 4.810 jaringan gas gratis


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar