Bobol masjid dan gereja, polisi hadiahi timah panas dua pemuda

id Polresta Pekanbaru, Riau, polisi, tembak,pencuri, pembobol masjid

Bobol masjid dan gereja, polisi hadiahi timah panas dua pemuda

Dua tersangka pembobol masjid dan gereja di Pekanbaru. (ANTARA/HO Humas Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Sektor Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau melumpuhkan dua pemuda dengan menghadiahi mereka timah panas pada bagian kakinya saat ditangkap atas tuduhan pencurian kotak amal masjid serta peralatan elektronik gereja.

Kapolresta Pekanbaru AKBP Nandang Mu'min Wijaya dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan kedua pemuda berinisial Ra (30) dan Rs (25) dibekuk di sebuah warnet di Pekanbaru, Jumat (27/12).

"Tersangka melawan dan melarikan dirisehingga anggota terpaksa menembak betis ke dua tersangka," katanya.

Nandang menjelaskan perbuatan kedua tersangka telah meresahkan masyarakat Kota Pekanbaru. Sedikitnya, ada empat laporan polisi yang diterima jajaran Polsek Rumbai dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Berdasarkan laporan terakhir yang diterima pada 27 Desember kemarin, polisi langsung melakukan serangkaian penyelidikan. Polisi juga mengembangkan laporan polisi kasus pembobolan rumah ibadah lainnya dalam beberapa waktu terakhir.

Dari penyelidikan, polisi berhasil mengidentifikasi dua tersangka tersebut. Keduanya pun dibekuk saat bermain game online di sebuah warnet 22 Jalan Sembilang, Rumbai.

Akan tetapi, saat penangkapan berlangsung kedua pemuda berbadan kurus itu memilih melawan dan berusaha melarikan diri. Sehingga tindakan terpaksa dilakukan dengan tembakan terukur bagian betis.

Dari penangkapan kedua tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya alat musik Keyboard Yamaha yang dicuri dari Gereja St Elizabet berikut perangkat elektronik pendukung lainnya. Tersangka juga mengaku telah dua kali membobol kotak amal Masjid dengan total nilai Rp2,7 juta.

Selain membobol tempat ibadah, tersangka juga terlibat kasus pencurian sepeda motor. Polisi masih terus mengembangkan pengungkapan tersebut.

Baca juga: Polisi Pekanbaru ringkus pencuri spesialis mobil bak terbuka

Baca juga: Polda Riau kejar tiga buron pencuri minyak Chevron