VIDEO - Seru, Ketika puluhan anak TK sambangi markas Basarnas Pekanbaru

id Basarnas pekanbaru,TK pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru,TK international creative school,SAR goes to school

VIDEO - Seru, Ketika puluhan anak TK sambangi markas Basarnas Pekanbaru

Puluhan anak dari TK International Creative School (ICS) bersama enam guru pendamping berkunjung ke Basarnas Pekanbaru di Jl. Jendral Sudirman Ujung untuk belajar SAR , Selasa (26/11/2019). (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 56 anak dari TK International Creative School (ICS) bersama enam guru pendamping berkunjung ke Basarnas Pekanbaru di Jl. Jendral Sudirman Ujung untuk belajar SAR , Selasa (26/11).

Kepala Sekolah TK ICS Ibu Dewi Sagita mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak terhadap profesi mulia di bidang kemanusiaan sebagai tim SAR.

Dalam sesi materi kelas, instruktur Pusva Ningrum memperkenalkan sejarah singkat berdirinya basarnas dan apa itu Basarnas, Mereka sangat antusias, terlebih lagi saat para murid TK di tanya tentang pelaksanaan tugas SAR dalam menolong orang, banyak murid yang ingin menjadi seorang Rescuer Basarnas.

Selanjutnya para murid TK ICS mempraktikan cara mengangkat perahu karet bersama-sama, Mereka juga mempraktikan cara mendayung perahu dengan dayung.



Agar para murid TK ICS semakin antusias, tim instruktur pun mengajak mereka menaiki kendaraan Basarnas yaitu ATV sejenis kendaraan digunakan baik di darat maupun air dan rawa.

"Guna menyadarkan betapa pentingnya faktor keselamatan penolong, dalam praktek kering para murid TK ICS mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa helm dan jaket pelampung," kata Pusva Ningrum.

Basarnas Pekanbaru juga menyerahkan sejumlah buku SAR Goes to School untuk tingkat TK kepada guru pendamping TK ICS.

Buku SAR Goes to School ini berisikan pengetahuan tentang jenis bencana alam, diantaranya gempa bumi, banjir, gunung meletus dan tanah longsor, serta langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri ketika bencana itu terjadi, misalnya tehnik berlindung saat terjadi gempa bumi.

Basarnas memberikan ilmu tentang SAR sejak dini kepada mereka dengan harapan kelak mereka memiliki keinginan untuk belajar SAR secara lebih mendalam.

"Kelak di masa mendatang, Basarnas Pekanbaru juga berharap agar tumbuh jiwa sosial dalam diri mereka, tergerak untuk memberikan pertolongan apabila ada sesama yang membutuhkan bantuan," kata Pusva.

Baca juga: VIDEO - Perjuangan tim penyelamat gendong manula evakuasi korban banjir Rohul

Baca juga: Basarnas tutup operasi penanganan banjir di Rokan Hilir


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar