Riau Dilanda Cuaca Buruk

id riau dilanda, cuaca buruk

Pekanbaru, 16/2(ANTARA) - Hampir seluruh wilayah Provinsi Riau dilanda cuaca buruk sejak beberapa hari terakhir yang dapat membahayakan transportasi laut dan udara.

"Sejak beberapa hari ini cuaca sulit ditebak, pagi hari cerah, kemudian pada siang terjadi angin, hujan dan kadang disertai petir," kata Kepala Staf Analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki di Pekanbaru, Rabu.

Cuaca seperti ini, lanjutnya, membahayakan transportasi udara dan laut karena tinggi gelombang di perairan Kepulauan Riau mencapai dua meter, sedangkan Natuna dan Batam mencapai 2,5 meter.

"Untuk udara dan laut tetap berstatus waspada dan penyelenggara layanan transportasi udara perlu ekstra hati-hati," katnaya.

Ia mengatakan cuaca seperti ini akan berlangsung hingga akhir Februari, sedangkan Maret dan April diperkirakan cuaca mulai membaik.

Disinggung mengenai titik api di Riau, ia mengatakan, saat ini jumlahnya mencapai 12 titik yang tersebar di Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Indragiri Hilir, Dumai, Bengkalis dan Pelalawan.

Sementara itu, Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Ibnu Hasan mengatakan peristiwa tergelincirnya pesawat Lion Air kemarin dipengaruhi cuaca buruk yang melanda Riau.

"Salah satu penyebabnya mungkin saja cuaca buruk," ujarnya.