Disdagrin Bengkalis imbau ASN tak gunakan elpiji 3 kg

id pemkab bengkalis,elpiji 3 kg, elpiji langka

Disdagrin Bengkalis imbau ASN tak gunakan elpiji 3 kg

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Bengkalis H Raja Arlingga

Bengkalis (ANTARA) - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Bengkalis H Raja Arlingga mengimbau, Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya tak menggunakan elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram.

“Elpiji tabung 3 kg bersubsidi, hanya untuk masyarakat miskin. Kami mengimbau agar ASN dan masyarakat mampu tak menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari,” imbau Arlingga terkait adanya kelangkaan lpiji3 kg di sejumlah daerah, Kamis (31/10).

Begitu juga kalangan pengusaha yang memiliki omzet besar, Raja Arlingga juga menegaskan untuk tidak menggunakan elpiji tabung 3 kg untuk kegiatan bisnisnya.

“Masing-masing pangkalan juga kita sampaikan agar tak menjual elpiji 3 kg kepada ASN ataupun kepada rumah tangga yang mampu," terangnya.

Sebab, katanya, pemakaian oleh mereka yang tak berhak tersebut, juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kelangkaan dan sulitnya elpiji 3 kg diperoleh masyarakat yang memang berhak untuk itu.

Selain memberikan imbauan, Raja Arlingga, juga sudah menginstruksikan Unit Pelaksana Teknis Disdagprin di kecamatan untuk memantau kelangkaan dan harga pasar elpiji di daerah ini.

"Bila terjadi kelangkaan mohon segera laporkan, akan segera kita koordinasi dengan Pertamina," harapnya.

Masih menurut Raja Arlingga, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pertamina dan sudah melakukan pemetaan daerah yang rawan kelangkaan elpiji di Kabupaten Bengkalis.

“Pertamina juga akan melakukan operasi pasar di titik langka tersebut dalam waktu satu sampai dua hari ke depan," papar Raja Arlingga.

Untuk informasi, pada tahun 2019 ini, kuota elpiji 3 kilogram di Kabupaten Bengkalis sebanyak 14.287 tabung.

Sedangkan terealisasi sampai Juli 2019 sebanyak 8.168 tabung. Sisanya masih berjalan untuk direalisasikan sebanyak 6.119 tabung.

“Sampai sekarang distribusi kuota elpiji tabung 3 kg untuk Kabupaten Bengkalis masih seperti biasa. Tak ada pengurangan. Namun kemungkinan penggunanya terus bertambah," tutup Raja Arlingga.

Baca juga: Polisi tangkap dua kapal sarat pakaian bekas asal Malaysia

Baca juga: Bupati Bengkalis minta masyarakat tidak terkotak-kotak saat Pilkades