Mendagri Tito Karnavian lapor situasi Papua ke Menko Polhukam

id Berita hari ini,berita riau terkini, berita riau antara,mendagri

Mendagri Tito Karnavian lapor situasi Papua ke Menko Polhukam

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (ANTARA/Evarianus Supar)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menemui Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD untuk melaporkan situasi di Papua dari hasil mendampingi Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke wilayah itu.

"Saya kan langsung ke Papua, mendampingi Pak Presiden, kemudian beliau (Menko Polhukam) menanyakan masalah situasi Papua," katanya, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Idham merupakan karib Tito Karnavian

Dalam pertemuan dengan Mahfud, Tito menjelaskan situasi di Papua dan langkah-langkah ke depan yang akan dilakukan.

"Jadi, saya menghadap beliau untuk menjelaskan situasi Papua dan langkah-langkah ke depannya. Intinya itulah," katanya, tanpa memerinci langkah yang dilakukan.

Diakui mantan Kapolri itu, dirinya juga belum pernah bertemu dengan Menko Polhukam sejak dilantik sebagai Mendagri karena harus mendampingi Presiden di Papua.

Oleh karena itu, kedatangan Tito bertemu Mahfud itu sekaligus untuk melapor, sebagai menteri yang berada dalam koordinasi Menko Polhukam.

Sebelumnya, Tito Karnavian yang baru dilantik sebagai Mendagri langsung "tancap gas" ke Papua, selepas serah terima jabatan di Kantor Kemendagri, Kamis (24/10).

Mendagri mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Papua, bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Pelaksana Tugas Kapolri, Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono.

Presiden menunjuk Tito sebagai Mendagri menggantikan pejabat lama Tjahjo Kumolo yang juga dipercaya menduduki jabatan baru sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatut Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca juga: Profil - Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Maju

Baca juga: Polisi cari pihak membiayai kerusuhan 21-22 Mei


Pewarta : Zuhdiar Laeis