Demo ricuh, Kapolresta Pekanbaru dan pelajar dilarikan ke RS

id Demo,demo mahasiswa ricuh,dprd pekanbaru,kapolresta pekanbaru,kapolresta pekanbaru pingsan saat demo mahasiswa,berita riau antara,berita riau terbaru

Demo ricuh, Kapolresta Pekanbaru dan pelajar dilarikan ke RS

Sejumlah mahasiswi Universitas Riau berunjukrasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, di Pekanbaru, Riau, Selasa (24/9/2019). Dalam orasinya mereka menuntut untuk membatalkan UU KPK dan Rancangan Undang Undang KUHP karena dinilai melemahkan fungsi KPK. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/pd

Pekanbaru (ANTARA) - KapolrestaPekanbaruKombes Pol Susantodan seorang pelajar kolaps di tengahunjuk rasa penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) KPK, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) diDPRD Riau, Pekanbaru, Kamis petang.

Setelah sebelumnya unjukrasa dilakukan oleh puluhan masa yang tergabung dalam Aliansi masyarat sipil Riau. Kemudian gelombang aksi juga datang dari ratusan mahasiswa Universitas Islam Riau.

Mahasiswa UIR menyampaikan sejumlah substansi orasi. Namun selang beberapa saat, unjukrasa berlansung ricuh yang mengakibat Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto dan seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) terpaksa harus dibawa ke rumah sakit karena tidak sadarkan diri.

Baca juga: (VIDEO) - Kapolresta Pekanbaru kolaps karena terhimpit mahasiswa saat demo di DPRD Riau

Peristiwa itu berawal dari permintaan massa untuk beraudiensi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau. Kapolres beserta sejumlah pejabat DPRD kemudian menemui massa aksi di depan pagar DPRD Riau. Saat berlangsung audiensi, tiba-tiba ada dorongan dari arah massa.

Sehingga Kapolresta Pekanbaru beserta seorang peserta aksi terhimpit. Atas kondisi itu keduanya langsung dibawa dengan ambulans ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Produk Hukum Sekretariat DPRD Riau Muflihun yang tepat berada di dekat kapolres saat kejadian menyebut bahwa korban terhimpit oleh beberapa orang.

"Tadi kan mau audiensi. Jadi kan kami sama Pak Kapolres di depan. Enggak tau tiba-tiba aja ada dorongan dari arah massa. Kondisi berkecamuk, Pak Kapolres terhimpit," ungkapnya.

Sementara, seorang pelajar SMA yang menggunakan seragam juga menjadi korban. Dia tampak lemas dan mengeluh kesakitan. Beberapa anggota langsung membawa dirinya dengan menggunakan tandu ke ambulans.

Baca juga: Kapolresta Pekanbaru pingsan saat amankan demo mahasiswa di DPRD Riau

Baca juga: Beredar pesan berantai, Kepsek di Pekanbaru minta siswa tidak demo

Baca juga: AJI Makassar kutuk tindak kekerasan polisi kepada jurnalis