(VIDEO) - Kapolresta Pekanbaru kolaps karena terhimpit mahasiswa saat demo di DPRD Riau

id kapolresta pekanbaru pingsan di demo mahasiswa,demo mahasiswa ricuh,mahasiswa riau,dprd riau,demo tolak RUU KUHP,Demo tolak UU KPK,berita riau antara

(VIDEO) - Kapolresta Pekanbaru kolaps karena terhimpit mahasiswa saat demo di DPRD Riau

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto pingsan karena terinjak oleh mahasiswa saat demo tolak UU KPK dan RUU KUHP di DPRD Riau, Pekanbaru, Kamis (26/9/2019) (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Demo ratusan mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) dan sejumlah pelajar diwarnai kericuhan di depan gerbang Kantor DPRD Provinsi Riau saat massa menyampaikan tuntutan terhadap RUU KUHP dan Revisi UU KPK, di Kota Pekanbaru, Kamis (26/9). KapolrestaPekanbaruKombes Pol Susantosampai kolaps dan pingsan akibat terinjak oleh mahasiswa.

"Tadi Pak Kapolres ingin bernegosiasi kepada mahasiswa agar tidak ricuh dan dorong-dorongan, tetapi begitu polisi duduk mahasiswa dari belakang langsung mendorong menyebabkan kapolres pingsang karena terdorong dan terinjak-injak," kata Kasubag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhi Anda.

Begini detik-detik Kapolresta Pekanbaru pingsan terhimpit saat demo mahasiswa di DPRD Riau



Awalnya Anggota DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan sudah menemui mahasiswa di depan Kantor DPRD Provinsi Riau, namun mahasiswa menolak jika berbicara di depan Kantor, mereka ingin masuk ke dalam kantor.

"Kami minta kepada DPRD untuk mencabut beberapa Undang-Undang yang tidak sesuai mengenai UU KPK dan KUHP isinya tidak sesuai dengan yang rakyat inginkan, kami ingin masuk karena itu rumah kami !," kata Royan Hernanda Mahasiswa UIR.

Demo mahasiswa serentak yang dilaksanakan semua mahasiswa se Indonesia pada tanggal 23-24 September kemarin memicu luapan aspirasi mahasiswa di Riau khususnya Pekanbaru untuk berorasi terhadap RUU yang dianggap tidak sepantasnya disahkan.

Aksi ini bisa dibubarkan oleh petugas setelah melewati batas demo pukul 18.00 WIB dengan cara mediasi, satu persatu massa pendemo meninggalkan kantor DPRD Provinsi Riau.

Baca juga: Demo ricuh, Kapolresta Pekanbaru dan pelajar dilarikan ke RS

Baca juga: Dorong mahasiswanya lakukan demo, rektor-dosen perguruan tinggi bisa kena sanksi