Karhutla Riau - PWI Dumai bagikan 7 ribu masker antisipasi asap

id Pwi dumai, kabut asap dumai, karhutla dumai.

Pengendara motor menggunakan masker saat berkendara di jalan yang diselimuti kabut asap di Kota Dumai, Dumai, Riau, Selasa (10/9/2019). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/wsj.

Dumai (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Kota Dumai membagikan sekitar 7 ribu masker secara gratis kepada masyarakat dan pengguna kendaraan umum untuk mengantisipasi merebaknya gangguan kesehatan akibat udara tercemar asap pembakaran lahan, Kamis.

Ketua PWI Dumai Kambali mengatakan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Riau masih belum teratasi sepenuhnya, dan titik panas atau hotspot masih bermunculan sehingga kualitas udara berstatus tidak sehat.

"Kualitas udara makin kurang sehat akibat asap, dan PWI Dumai tergerak untuk membagikan masker gratis ke masyarakat untuk mencegah dampak buruk dari kondisi cuaca buruk ini," kata Kambali.

Disebutkan, pembagian masker direncanakan selama dua hari, sebagai bentuk kepedulian organisasi pers tertua di Indonesia initerhadap kesehatan masyarakat khususnya untuk mencegah infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA.

Baca juga: Karhutla Riau - Waduh, 1.211 titik panas Karhutla "kepung" Sumatera

Pembagian masker ini tidak terlepas dari dukungan sejumlah pihak yang ikut peduli bencana asap, di antaranya, dinas kesehatan, Badan POM, RSUD, PLN Dumai, The Zury Hotel Dumai, Wilmar, PT SDS, Comforta Hotel dan Grand Zuri Hotel.

"Semoga makin banyak pihak tergerak peduli bencana asap dan menyelamatkan kesehatan manusia dengan membagikan masker untuk masyarakat umum," sebutnya.

Data dari Dinas Kesehatan Dumai, hasil rekapitulasi penyakit ISPA akibat kabut asap Karhutla dari selama 1-10 September 2019 terdapat 1.532 orang yang terpapar.

Sedangkan data indeks standar polusi udara atau ISPU dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau bahwa pada Kamis hari ini pukul 07.00 WIB kualitas udara Dumai ditandai dengan warna Kuning atau tidak sehat.

Baca juga: Karhutla Riau - Permintaan masker naik tajam, apotek kehabisan stok

Baca juga: Atasi asap, Pekanbaru distribusikan 134.000 masker

Baca juga: Karhutla Riau - VIDEO - Mahasiswa pendemo di Pekanbaru pingsan terpapar asap


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar