Presiden RI Joko Widodo akui waterfroncity Pontianak bagus dan rapi

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Presiden RI Joko Widodo

Presiden RI Joko Widodo akui waterfroncity Pontianak bagus dan rapi

Presiden RI, Joko Widodo menyatakan, pembangunan dan penataan waterfroncity di sepanjang Sungai Kapuas atau sungai terpanjang di Indonesia, di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat bagus dan rapi. (Foto Andilala)

Pontianak (ANTARA) - Presiden RI, Joko Widodo menyatakan, pembangunan dan penataan waterfroncity di sepanjang Sungai Kapuas atau sungai terpanjang di Indonesia, di Kota Pontianak, Provinsi Kalbar bagus dan rapi.

"Dari hasil pengamatan saya langsung bersama rombongan tadi waterfroncity yang dibangun di Sungai Kapuas, paling bagus dan rapi," kata Joko Widodo seusai meninjau langsung kawasan itu menggunakan Kapal Patroli Lemukutan milik Lantamal XII Pontianak, Kamis sore.

Baca juga: VIDEO - SAR evakuasi enam kru KM Hamisa Jaya yang tenggelam ke Dumai

Ia menambahkan, sudah tiga tahun ini waterfroncity dikerjakan atau dibangun baik dari APBN, kemudian Pemprov Kalbar dan Kota Pontianak.

"Tadi saya lihat langsung hasilnya, rumah masyarakat yang dulunya membelakangi Sungai Kapuas, kini sebagian sudah menghadap ke Sungai Kapuas," ungkapnya.

Sehingga, menurut dia kawasan Sungai Kapuas, Kota Pontianak kini mulai rapi. "Kita lihat nantinya dua hingga beberapa tahun ke depannya akan terlihat perbedaannya. Saat ini ada empat waterfront yang sedang dibangun seperti ini, yakni di Bengkulu, Tegal, Semarang dan Kota Pontianak," terangnya.

Joko Widodo menambahkan, sehingga nantinya kawasan Sungai Kapuas bisa menjadi waterfrontcity percontohan, dan akan terus dilakukan penataan hingga lima tahun ke depannya, karena ada toko dan lainnya sepanjang Sungai Kapuas tersebut.

"Apalagi tadi saya lihat tidak ada sampah dan plastik di Sungai Kapuas yang merupakan air sumber bahan baku PDAM Kota Pontianak," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, penataan dan pembangunan waterfontcity di Kota Pontianak sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir bersamaan dengan tiga kota lainnya, yakni Bengkulu, Tegal, dan Semarang.

"Peninjauan oleh Presiden Joko Widodo untuk melihat langsung hasil penataan kawasan Sungai Kapuas. Harapan kita pembangunan waterfrontcity ini terus berlanjut sehingga penataan Sungai Kapuas semakin cepat terealisasi," lanjutnya.

Dan ke depan kerja sama dengan Pemprov Kalbar dan Kota Pontianak terus bisa ditingkatkan lagi sehingga pembangunan dibidang apapun bisa terealisasi, katanya.

Baca juga: TNI AL bantu selamatkan korban pertikaian di laut

Baca juga: Australia sedang lacak kapal perang China menuju lokasi latihan militer


Pewarta : Andilala