Pemkab bakal bangun Museum jalur di Tepian Narosa

id Pemkab bakal bangun Museum jalur di Tepian Narosa

Pemkab bakal bangun Museum jalur di Tepian Narosa

Sekdakab Kuantan Singingi Diantoni Mampanini. (ANTARA/dok pri).

Pemkab bakal bangun museum jalur
Kuantan Singingi (ANTARA) - Pemerintah kabupten Kuantan Singingi, Riau, bakal membangun Museum Jalur (perahu) di Tepian Narosa Teluk Kuantandalam rangka mendukung dan melestarikan seni budaya lokal, sehingga wisatawan yang datang bukan saja menyaksikan festival tetapi melihat sejarah, dokumentasi secara lengkap.

"Ini program unggulan ke depan potensi wisata sangat tinggi," kata SekretarisDaerah (Sekda) Kuansing DiantoniMampanini di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, Kuansing merupakan daerah yang sedang berkembang. Sebagai wilayah yang memiliki segudang prestasi nasional maupun internasional perlu dokumentasi yang baik serta dianggap penting untuk dikenang, dikenal secara umum dan luas.

Museum yang bakal dibangun berada di jantung Kota Teluk Kuantan, tepat di areal taman. Taman Narosa akan ditingkatkan menjadi areal yang strategis ada fasilitas pendukung yang menarik seperti jalan yang baik, jembatan permanen, taman yang indah serta tempat duduk yang memadai bertaraf nasional.

"Tentunya, untuk mensukseskan itu perlu dukungan semua pihak," sebutnya.

Ia juga menambahkan, sudah ratusan tahun lomba pacu jalur (balap perahu panjang) dikenang dan dilestarikan, tentu memiliki sejarah dan keunikan sendiri. Setiap tahun ada perkembangan jumlah peserta. Dan masuk agenda festival nasional adalah prestasi yang menjadi kebanggaan.

Masyarakat dan tamu memberikan kritikan, saran dan masukan agar setiap tahun perlu perbaikan semua lini dalam mensukseskan festival seni ini, dengan membangun sejumlah fasilitas pendukung, sarana yang memadai akan menjadikan Kuansingsebagai tujuan investasi dan kunjungan wisata dunia.

Nantinya, museum akan dilengkapi sejumlah fasilitas, ruang khusus sehingga dapat dijadikanikon Kuansing ke depannya, jika perlu terbaik di Riau. "Semua bukti sejarah, prestasi akan terdokumentasi dan terlihat di tempat ini," kata Sekda Diantoni.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar