Ini harapan Bupati Indragiri Hilir di awal Tahun Baru Islam

id tahun baru islam, tahun baru masehi, pemkab inhil

Ini harapan Bupati Indragiri Hilir di awal Tahun Baru Islam

Ilustrasi - Foto bersama Bupati Indragiri Hilir, Muhammad Wardan

Tembilahan (ANTARA) - Bupati Indragiri Hilir M Wardan berharap daerah itu bisa lebih maju lagi mengawali Tahun Baru Islam, 1441 Hijriah, yang bertepatan dengan Minggu.

"Mudah-mudahan doa yang kita sampaikan kepada Allah SWT dapat diijabah sehingga Kabupaten Inhil(Indragiri Hilir) menjadi negeri yang 'Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur' (Negeri yang baik dengan Rabb Yang Maha Pengampun)," kata dia di Tembilahan, Minggu.

Selain itu, kabupaten yang berjuluk "Negeri Hamparan Kelapa Dunia" itu diharapkan bisa lebih makmur, dan tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan seperti saat ini yang menimbulkan pencemaran udara.

Pada kesempatan sebelumnya ia juga mengajak kepada seluruh jajarannya dan masyarakat untuk menggelar shalat minta hujan agar kebakaran hutan dan lahan bisa berkurang.

Pada malam peralihan Tahun Baru Islam di Tembilahan, Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hilir, digelar sejumlah kegiatan, seperti tahlilan, tabligh akbar dalam bentuk tausiyah, pembacaan doa awal dan akhir tahun, shalat Maghrib berjamaah, shalat Hajat, pentas seni religi, dan kegiatan rohani lainnya.

Tausiyaholeh Ustadz Saidul Amin yang juga dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru juga mendapat perhatian dari ribuan orang.

Baca juga: Pendeta Hisar perwakilan FKUB minta maaf atas video viral pembubaran ibadah umat Kristen di Inhil

Bupati Wardan mengatakan Kabupaten Indragiri Hilir memiliki sedikit perbedaan dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau dalam hal penyelenggaraan acara keagamaan atau perayaan hari besar keagamaan Islam.

Iamencontohkan perbedaan yang terletak pada pelaksanaan pembacaan doa peralihan tahun.

Di kabupaten/kota lainnya, pelaksanaan doa dalam rangka peralihan tahun biasanya diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam, namun di kabupaten penghasil kelapa terbesar di Riau itu, doa peralihan tahun dijadikan satu rangkaian dengan kegiatan wisata religi Gema Muharram, diselenggarakan Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan.

"Dinas Parporabud yang menjadi 'leading sector'. Doa peralihan tahun domainnya PHBI, tapi kita ingin menjadikan pergantian tahun sebagai satu kegiatan iven wisata religi untuk menatap masa depan," kata Bupati Wardan.

Baca juga: Sekda: Struktur APBD-P 2019 sebagian besar untuk lunasi hutang 2018

Baca juga: Begini penjelasan Bupati Inhil terkait video viral penertiban ibadah umat Kristen di Desa Petalongan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar