Ekonom Riau dukung pemindahan Ibukota Jakarta ke Kalimantan Timur

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, Ekonom Riau dukung

Ekonom Riau dukung pemindahan Ibukota Jakarta ke Kalimantan Timur

Jakarta (Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Ekonom Provinsi Riau, DR Viator Butarbutar mendukung rencana pemindahan Ibukota Jakarta ke Kalimantan Timur, karena antara lain akan memberikan keuntungan bahwa pusat-pusat jasa keuangan dan bisnis akan semakin tersebar dan tidak lagi Jakarta "centered".

"Rencana pemerintah ini harus kita dukung, apalagi pemusatan pemerintahan dan ekonomi serta bisnis di Jakarta sudah mencapai titik diseconomic atau membawa kerugian ekonomis," kata Viator di Pekanbaru, Selasa.

Baca juga: Pemindahan ibu kota negara paling lambat 2024, kata Bappenas

Menurut dia, bahwa beberapa laporan yang mendukung bahwa tahun 2050 Pulau Jawa akan "tenggelam" sesuai laporan penelitian bahwa Jakarta mengalami penurunan permukaan tanah setiap tahunnya.

Untuk itu, katanya menyebutkan, kita setuju bahwa salah satu cara mengatasinya adalah mengalihkan sebagian aktivitas pemerintahan dan pusat ekonomi ke luar Jakarta atau Pulau Jawa.

"Pemindahan ibukota Jakarta ke Kaltim pasti akan diikuti dengan pergeseran human migration flow, yang selama ini sangat terpusat ke Jakarta atau Jawa," katanya.

Setidaknya yang terkait dengan birokrasi dan pemerintahan, katanya lagi, akan bergeser ke Kaltim. Jadi untuk jangka panjang, pemindahan ibukota dari Jakarta ke kaltim akan berdampak positif untuk pembangunan nasional.

Baca juga: Ibu kota negara baru Indonesia, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Baca juga: Ini tiga kawasan yang diprediksi akan jadi lokasi Ibu Kota Negara