VIDEO - Sagu Riau siap mendunia

id sagu riau

VIDEO - Sagu Riau siap mendunia

Pembukaan Gerakan Serba Sagu di Pekanbaru. (Foto Antaranews/Vijay Kantaw/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Gerakan Serba Sagu (SERBU) dan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta Festival Pangan Lokal, serta tingkat Provinsi Riau tahun 2019 digelar di Kota Pekanbaru, Selasa.

Kegiatan itu dihelat oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau ini digelar di Gedung Olahraga Tri Buana, Jalan Dipponegoro Pekanbaru.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau Suti Muliati Edy , Forkopimda, Bupati/Walikota se Riau, Kadis/Kaban pemprov Riau, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/ Kota se Riau dan ribuan ibu-ibu PKK serta ratusan siswa SMA yang turut memeriahkan.

"Dinas Ketahanan Pangan provinsi Riau ingin mengenalkan dan mensosialisasikan sagu kepada anak sekolah dan masyarakat dalam edukasi kelebihan sagu," Kata Kabid Distribusi Cadangan Pangan Ketahanan Pangan Provinsi Riau Fetri Yenni yang sekaligus Ketua Pelaksana Acara.

Pentingnya keberadaan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau untuk dapat mengatasi dan mengantisipasi berbagai tantangan dan permasalahan ke depan.

Sebelumnya Plt. Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Riau H. Rosdi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan LCM ini dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan hingga ketingkat nasional.

Salah satu tujuannya adalah untuk menggali dan memanfaatkan potensi pangan local yang dimiliki oleh Provinsi Riau di antaranya sagu yang dapat dijadikan sebagai pangan alternative pengganti karbohidrat.

Dengan berbagai kegiatan itu, diharapkan produk sagu asal Riau bisa lebih menasional bahkan mendunia.